Pengembangan Produk Lapek Bugih Dengan Substitusi Tepung Kacang Hijau (Vigna Radiata L) Sebagai Makanan Yang Berpotensi Dalam Pemenuhan Zat Besi Bagi Ibu Hamil

Fitrah, Nadyatul (2021) Pengembangan Produk Lapek Bugih Dengan Substitusi Tepung Kacang Hijau (Vigna Radiata L) Sebagai Makanan Yang Berpotensi Dalam Pemenuhan Zat Besi Bagi Ibu Hamil. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (pendahuluan))
BAB 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Nadyatul Fitrah_1711221008_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Anemia dalam kehamilan merupakan kondisi ibu hamil yang mempunyai kadar hemoglobin kurang dari 11 g/dl. Produk lapek bugih dengan substitusi tepung kacang hijau merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan besi pada ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu organoleptik dan kandungan gizi pada produk lapek bugih dengan substitusi tepung kacang hijau sebagai makanan yang berpotensi dalam pemenuhan zat besi bagi ibu hamil. Metode Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 2 kali ulangan. Perlakuan yang dilakukan yaitu pensubstitusian tepung kacang hijau dengan persentase F0 0%, F1 15%, F2 25%, dan F3 35%. Penelitian dilakukan di Laboratorium Gizi Penyelenggaraan Makanan FKM Unand, Laboratorium Nutrisi Non Ruminansia Fakultas Peternakan Unand, dan Laboratorium Air Fakultas Teknik Unand. Uji organoleptik melibatkan 30 orang panelis semi terlatih. Analisis data kuantitatif menggunakan aplikasi pengolah data uji Kruskal Wallis taraf 5% dan dilanjutkan dengan uji lanjut Mann Whitney. Hasil Hasil penelitian menunjukkan formula lapek bugih dengan perlakukan yang paling disukai adalah formula F1 dengan substitusi tepung kacang hijau sebanyak 15%. Karakteristik warna agak kuning gading, aroma agak harum, rasa manis, dan tekstur agak kenyal. Kandungan zat gizi produk terpilih yaitu kadar air 40,01%, abu 1,43%, protein 5,52%, lemak 7,76%, karbohidrat 46,29%, dan zat besi 11,61 mg. Berdasarkan hasil penelitian tidak terdapat perbedaan yang nyata pada warna formula lapek bugih dengan substitusi tepung kacang hijau (p-value>0,05), namun terdapat perbedaan nyata pada aroma, rasa, dan tekstur (p-value<0,05). Kesimpulan Formula terpilih pada pengembangan produk lapek bugih dengan substitusi tepung kacang hijau yaitu F1 dengan pensubstitusian tepung kacang hijau sebanyak 15%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Firdaus, SP, M.Si
Uncontrolled Keywords: anemia ibu hamil, zat besi, lapek bugih, kacang hijau
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 22 Sep 2021 07:09
Last Modified: 22 Sep 2021 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83078

Actions (login required)

View Item View Item