KOMPARASI METODE SAW DAN WP DALAM PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU SMA BERPRESTASI (STUDI KASUS : DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA BARAT)

Leoni, Zahra Ireviana (2021) KOMPARASI METODE SAW DAN WP DALAM PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU SMA BERPRESTASI (STUDI KASUS : DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA BARAT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (BAB VI (Penutup))
BAB VI.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
Laporan TA LEONI ZAHRA IREVIANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan di bidang pendidikan. Dinas Pendidikan mempunyai beberapa bidang, salah satunya bidang pembinaan SMA. Salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh bidang pembinaan SMA adalah lomba Guru SMA Berprestasi. Penilaian lomba tersebut dinilai oleh tiga tim juri yang ditugaskan dalam kegiatan tersebut. Tiga tim juri ditugaskan untuk memberikan penilaian pada semua Guru SMA berprestasi. Setiap sekolah di seluruh wilayah kabupaten/kota mengirimkan satu perwakilan guru berprestasi dari semua sekolah. Komponen penilaian tersebut terdiri atas 4, antara lain: Portofolio, Presentasi Best Practice, Wawancara, dan Tes Tertulis. Penilaian ini bertujuan untuk menentukan rangking atau peringkat. Tim juri dalam melakukan penilaian yang masih manual untuk menentukan peringkat yakni dengan menjumlahkan semua nilai dan menggunakan data yang terdapat pada Microsoft Office Excel yang kurang efektif dan efisien, maka tim juri perlu mengetahui hasil perolehan akhir mana yang akurat dan otomatis. Penelitian tersebut dilakukan untuk membangun sebuah aplikasi web sistem pendukung keputusan (SPK) yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan data guru yang berurutan berdasarkan peringkat. Pada segi metodologinya, penelitian ini menggunakan dua metode, yakni: metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP) sebagai komparasi atau perbandingan dalam perhitungan sistem pendukung keputusannya. Akan tetapi, kedua metode tersebut mempunyai metode perhitungan yang berbeda-beda. Pada penelitian ini akan dilakukan komparasi terhadap kedua metode tersebut yang menghasilkan mana metode yang tepat dan sesuai berdasarkan data penilaian awal guru berprestasi. Hasil dari penelitian ini berbentuk sebuah aplikasi web sistem pendukung keputusan yang dapat menampilkan grafik penilaian dan hasil perangkingan berdasarkan data penilaian yang dapat digunakan dalam lomba pemilihan guru SMA berprestasi pada tingkat kabupaten/kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:09
Last Modified: 22 Sep 2021 06:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83070

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item