PENILAIAN DAMPAK SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH KAWASAN TAMAN MARGA SATWA BUDAYA KINANTAN DAN TAMAN PANORAMA LUBANG JEPANG KOTA BUKITTINGGI MENGGUNAKAN METODE LIFE CYCLE ASSESSMENT

DWI LULU, LAURANTINI MARSA (2021) PENILAIAN DAMPAK SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH KAWASAN TAMAN MARGA SATWA BUDAYA KINANTAN DAN TAMAN PANORAMA LUBANG JEPANG KOTA BUKITTINGGI MENGGUNAKAN METODE LIFE CYCLE ASSESSMENT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak .pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir (kesimpulan))
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
DRAFT TA DWI LULU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak lingkungan yang dihasilkan dari sistem pengelolaan sampah Kawasan Wisata Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) dan Taman Panorama Lubang Jepang (TPLJ) menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA), memilih skenario terbaik dari segi lingkungan dan memberikan perbaikan agar lebih ramah lingkungan karena sistem yang sedang berlangsung sekarang tidak ramah lingkungan. Batasan sistem terdiri dari aspek teknis operasional pengelolaan sampah, energi dan emisi yang dihasilkan. Volume sampah yang dihasilkan sebesar 868 kg/h. Kajian dilakukan menggunakan tiga skenario, yaitu skenario 1 berdasarkan kondisi eksisting pengelolaan terdiri dari tahapan pemilahan dan pewadahan, pengumpulan, pemindahan dan pengangkutan, serta pemrosesan akhir di TPA menggunakan metode sanitary landfill. Skenario 2 berdasarkan sistem perencanaan tahapannya sama dengan skenario 1 tetapi pada skenario ini adanya pengolahan di TPS 3R yaitu daur ulang dan pengomposan serta pemrosesan akhir residu di TPA menggunakan metode controll landfill. Skenario 3 berdasarkan sistem peningkatan dari skenario 2, peningkatan yang dilakukan dengan adanya peran sektor informal dalam mengolah sampah plastik dicacah dan jenis landfill yang digunakan yaitu sanitary landfill. Tahapan analisis LCA terdiri dari tujuan dan cakupan, input analisis inventori, penilaian dampak, dan interpretasi. Penelitian menggunakan Software Simapro 9.0. Penilaian dampak menggunakan CML-IA Baseline. Kategori dampak yang dikaji yaitu Global Warming Potensial (GWP), Acidification Potensial (AP) dan Eutrophication Potensial (EP). Skenario 3 merupakan skenario terpilih karena memiliki nilai kategori dampak yang paling rendah dibandingkan dengan skenario lain yaitu GWP 9,68 x 105 kg CO2 eq, AP sebesar 2,22 x 103 kg SO2 eq dan EP sebesar 760 kg PO4 eq.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: RIZKI AZIZ, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sampah, Kawasan TMSBK dan TPLJ, Life Cycle Assessment, Penilaian Dampak, Dampak Lingkungan.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:43
Last Modified: 11 Oct 2021 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82699

Actions (login required)

View Item View Item