PENGARUH PEMBERIAN KECAMBAH PADI (Oryza sativa) DARI UMUR YANG BERBEDA TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE LEMAK ABDOMEN DAN PERSENTASE KARKAS AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB)

Rahmatul, Hajjah (2021) PENGARUH PEMBERIAN KECAMBAH PADI (Oryza sativa) DARI UMUR YANG BERBEDA TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE LEMAK ABDOMEN DAN PERSENTASE KARKAS AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1. Pendahuluan)
bab 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. KESIMPULAN)
BAB V. KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL SKRIPSI TEXT RAHMATUL HAJJAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian kecambah padi (Oryza sativa) dari umur yang berbeda dan mengetahui umur kecambah yang memberikan hasil terbaik terhadap bobot hidup, persentase lemak abdomen dan persentase karkas ayam KUB. Penelitian ini dilakukan di Kandang Percobaan Fakultas Peternakan Universitas Andalas pada tanggal 03 September – 10 November 2020. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam KUB umur 5 minggu. Kandang yang digunakan sebanyak 20 unit yang masing-masing diisi 4 ekor ayam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 kali ulangan dan 4 perlakuan yaitu A (ransum tanpa kecambah padi), B (ransum + kecambah padi umur 1 hari), C (ransum + kecambah umur 4 hari), dan D (ransum + kecambah umur 7 hari). Penelitian ini dilakukan selama 4 minggu. Peubah yang diamati yaitu bobot hidup, persentase lemak abdomen, dan persentase karkas ayam KUB. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap bobot hidup, tetapi memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase lemak abdomen dan persentase karkas ayam KUB. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian kecambah padi umur 4 sampai 7 hari memberikan hasil terbaik yaitu meningkatkan bobot hidup, mempertahankan persentase lemak abdomen dan persentase karkas. Pemberian kecambah padi umur 4 hari dihasilkan bobot hidup 1061,2 g/ekor, persentase lemak abdomen 0,86%, persentase karkas 63,67%, dan pemberian kecambah umur 7 hari dihasilkan bobot hidup 1044,8 g/ekor, persentase lemak abdomen 0,89%, dan persentase karkas 64,33%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ahadiyah Yuniza, Ms
Uncontrolled Keywords: Ayam KUB, kecambah padi, bobot hidup, persentase lemak abdomen, persentase karkas.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:39
Last Modified: 20 Sep 2021 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82616

Actions (login required)

View Item View Item