KAJIAN SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA UMUR TANAMAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica) DI KENAGARIAN AIE DINGIN DAN SIMPANG TANJUNG NAN IV KABUPATEN SOLOK

Vivi, Susanti (2021) KAJIAN SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA UMUR TANAMAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica) DI KENAGARIAN AIE DINGIN DAN SIMPANG TANJUNG NAN IV KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai sifat fisika tanah pada beberapa umur tanaman kopi arabika (Coffea arabica) telah dilaksanakan di Kenagarian Aie Dingin dan Simpang Tanjung Nan IV Kabupaten Solok dari bulan Juni hingga Desember 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa sifat fisika tanah pada lahan kopi arabika pada beberapa tingkatan umur di Kenagarian Aie Dingin dan Simpang Tanjung Nan IV Kabupaten Solok. Pengambilan sampel dilakukan pada kedalaman 0-20 cm dan 20-40 cm pada kemiringan 8-15% pada lahan kopi arabika berumur 1 tahun, 4 tahun, 8 tahun, dan 13 tahun, serta hutan yang digunakan sebagai kontrol. Sifat fisika tanah dianalisis di Laboratorium Fisika Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Hasil penelitian menunjukkan lahan kopi arabika memiliki tekstur lempung hingga liat. Berat volume tanah berkisar antara 0,41-1,03 g/cm3, TRP tanah berkisar antara 60,05 - 82,96 %, kandungan bahan organik berkisar antara 4,14 - 13,52 %, permeabilitas tanah antara 11,87 - 34,69 cm/jam, sedangkan stabilitas agregat antara 67,13 - 96,38 % pada kedua lapisan tanah. Pada kedalaman 20-40 cm, bahan organik meningkat sejalan dengan meningkatnya umur tanaman. Sifat fisika tanah pada lahan kopi arabika lebih baik dibandingkan hutan sekunder.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Adrinal, MS
Uncontrolled Keywords: kopi arabika, umur tanaman, sifat fisika tanah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:08
Last Modified: 20 Sep 2021 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82537

Actions (login required)

View Item View Item