Pengaruh Multikomponen Kristal Piperin-Nikotinamida Terhadap Inflamasi Lokal dan Sistemik pada Tikus Wistar Jantan (Rattus Norvegicus)

Sukma, Yuliza (2021) Pengaruh Multikomponen Kristal Piperin-Nikotinamida Terhadap Inflamasi Lokal dan Sistemik pada Tikus Wistar Jantan (Rattus Norvegicus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (Bab V. Kesimpulan dan Saran)
3. Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI SUKMA YULIZA-PENGARUH MULTIKOMPONEN KRISTAL PIPERIN-NIKOTINAMIDA(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Piperin telah diketahui memiliki aktivitas anti inflamasi, namun kelarutannya rendah dalam air, sehingga diperlukan upaya untuk memperbaiki sifat fisikokimia piperin yaitu dengan pembentukan multikomponen kristal (MK). Pada penelitian ini, piperin dengan nikotinamida sebagai koformer dibuat dalam bentuk MK dengan metode solvent drop grinding dan dilakukan karakterisasi dengan analisis termal DSC dan analisis kristal difraksi sinar X. MK piperin – nikotinamida selanjutnya dievaluasi efek anti inflamasi dengan menggunakan hewan uji yaitu 12 ekor tikus wistar putih jantan yang terbagi atas 3 kelompok, dimana kelompok I diberi NaCMC 0,5 % sebagai kontrol negatif, kelompok II diberi piperin murni (PM) dengan dosis 100mg/kgBB, dan kelompok III diberi multikomponen kristal piperin nikotinamida (MKPN) setara 100mg/kgBB. Hewan uji diinduksi dengan λ-karagenan secara intraplantar pada hari pertama, dan pada hari berikutnya diberikan suspense secara oral pada delapan hari berturut-turut. Parameter efek inflamasi lokal yaitu persen udem dan inhibisi udem dengan diukur dengan plestimometer. Sedangkan parameter inflamasi sistemik yaitu persen jenis leukosit dihitung dengan Flow cytometry dan pemeriksaan kadar Interleukin-6 (IL-6) dilakukan dengan metode ELISA. Hasil penelitian menunjukan MKPN dengan dosis setara 100mg/BB piperin murni memiliki efek anti inflamasi lokal dimana persen udem dan persen inhibisi berbeda signifikan (p<0,05) dibandingkan dengan kelompok PM dan kontrol. Selain itu, pemberian MKPN menurunkan persentase sel limfosit secara signifikan (P<0,05), namun total sel leukosit pada pemberian MKPN tidak menunjukkan perubahan yang signifikan (P>0,05). Pada pengujian kadar IL-6, pemberian MKPN juga tidak menunjukkan signifikan (p>0,05). Berdasarkan parameter uji yang telah dilakukan dapat disimpulkan MKPN memiliki aktivitas anti inflamasi terhadap tikus wistar jantan (Wistar Rat).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Lili Fitriani, S.Si M.Pharm.Sc
Uncontrolled Keywords: Multikomponen kristal, Piperin, Nikotinamid, Udem, Leukosit, Jenis leukosit, Interleukin-6
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:33
Last Modified: 18 Nov 2022 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82536

Available Versions of this Item

  • Pengaruh Multikomponen Kristal Piperin-Nikotinamida Terhadap Inflamasi Lokal dan Sistemik pada Tikus Wistar Jantan (Rattus Norvegicus). (deposited 20 Sep 2021 07:33) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item