PENGARUH PENGGUNAAN Indigofera zollingeriana SEBAGAI PENGGANTI KOSENTRAT DALAM RANSUM BERBASIS RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum ) TERHADAP KETERSEDIAAN MINERAL MAKRO (Ca, P, Mg, S ) PADA KAMBING KACANG

Nurul, Rafiqa (2021) PENGARUH PENGGUNAAN Indigofera zollingeriana SEBAGAI PENGGANTI KOSENTRAT DALAM RANSUM BERBASIS RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum ) TERHADAP KETERSEDIAAN MINERAL MAKRO (Ca, P, Mg, S ) PADA KAMBING KACANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V (penutup))
BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan level terbaik penggunaan Indigofera zollingeriana sebagai pengganti konsentrat pada ransum berbasis rumput gajah ditinjau dari ketersediaan mineral makro (Ca, P, Mg dan S) pada kambing kacang. Penelitian ini menggunakan 12 ekor kambing kacang dengan bobot 11 sampai 12 kg. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tersebut yaitu: P1: 60% rumput gajah + 30% konsentrat + 10% Indigofera zollingeriana; P2: 60% rumput gajah + 20% konsentrat + 20% Indigofera zollingeriana; dan P3: 60% rumput gajah + 10% konsentrat + 30% Indigofera zollingeriana. Peubah yang diamati adalah ketersediaan mineral kalsium (Ca), fospor (P), magnesium (Mg) dan sulfur (S). Analisis satistik yang digunakan adalah analisis keragaman, dan apabila perlakuan memberikan pengaruh yang berbeda nyata, maka dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Indigofera zollingeriana berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap ketersediaan mineral Ca dan P, namun berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap ketersediaan mineral Mg dan S. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggantian kosentrat dengan Indigofera zollingeriana sampai 30% dapat meningkatkan ketersediaan mineral kalsium (Ca) dan fosfor (P), tetapi tidak berpengaruh terhadap ketersediaan mineral magnesium (Mg) dan sulfur (S).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Evitayani, S.Pt, M.Agr
Uncontrolled Keywords: Indigofera zollingeriana, Kambing Kacang, Ketersediaan Mineral Makro (Ca,P,Mg,S)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:17
Last Modified: 20 Sep 2021 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82525

Actions (login required)

View Item View Item