PENGARUH PENDIDIKAN MITIGASI GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUANMITIGASI BENCANA PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 34 SEBERANG PALINGGAM

sarah, oktaviani cintya (2021) PENGARUH PENDIDIKAN MITIGASI GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUANMITIGASI BENCANA PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 34 SEBERANG PALINGGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan dan saran)
Kesimpulan dan Saran (pdf.io).pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Skiripsi Full Text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Gempa bumi merupakaan bencana yang menimbulkan korban luka-luka dan kematian tertinggi pada anak-anak. Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki potensi bencana, baik alam maupun non alam. Anak-anak merupakan kelompok yang paling rentan terkena bencana gempa bumi. Gempa bumi berdampak pada psikologis anak seperti trauma yang akan mempengaruhi kesehatan mental anak. Pengetahuan mitigasi bencana sangat diperlukan untuk mengurani resiko terjadinya bencana yang akan datang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pedidikan mitigasi gempa bumi terhadap pengetahuan mitigasi bencana pada anak usia sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dengan rancangan non equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah anak usia sekolah kelas II-V di SD 34 Seberang Palinggam sebayak 104 responden dengan teknik stratified random sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan kusioner pretest dan posttest setelah di berikan penyuluhan penelitian. Pengolahandata dilakukan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan sebelum dan sesudah0,000 (p<0,05). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa adanya perbedaan nilai pretest dan posttest. Penelitian menyarankan kepada pihak institusi agar ana-anak lebih aktif mencari informasi terkini tentang tanggap bencana gempa bumi dan lebih berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan tentang mitigasi bencana

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S. Kep.,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: pendidikan mitigasi, pengetahuan mitigasi, anak usia sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:45
Last Modified: 22 Sep 2021 04:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82502

Actions (login required)

View Item View Item