Analisis Hubungan Karakteristik Peternak Dengan Pendapatan Usaha Peternakan Sapi Potong Di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Muhammad, Rifki Yuzrin (2021) Analisis Hubungan Karakteristik Peternak Dengan Pendapatan Usaha Peternakan Sapi Potong Di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik peternak dengan pendapatan usaha peternak di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Responden dalam penelitian ini adalah peternak sapi potong di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, dengan jumlah 96 orang. Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah usaha ternak sapi potong dan data yang dikumpulkan mencakup data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode survei. Pendapatan rata-rata yang didapatkan oleh peternak dalam 1 tahun adalah sebesar Rp.13.626.506/tahun. Pendapatan didapatkan dari selisih penerimaan sebesar Rp. 28.887.500/tahun dengan total biaya sebesar Rp. 15.261.094/tahun. Untuk mengetahui hubungan antara karakteristik peternak dengan pendapatan usaha peternak, dilakukan analisis dengan menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment yang dilakukan dengan aplikasi spss 22. Hasil analisis secara simultan atau bersama-sama menunjukkan bahwa karakteristik peternak memiliki keeratan hubungan yang tinggi dengan pendapatan. Hasil analisis korelasi secara parsial menunjukkan bahwa jumlah kepemilikan ternak memiliki keeratan hubungan sangat kuat dengan pendapatan usaha peternak sedangkan umur, tingkat pendidikan, pengalaman beternak dan jumlah tanggungan memiliki keeratan hubungan yang lemah dengan pendapatan usaha peternak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peternak yang memiliki jumlah ternak yang banyak akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arfa'i, MS
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Pendapatan, Penerimaan, Biaya, Peternak, Korelasi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 23 Sep 2021 06:57
Last Modified: 23 Sep 2021 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82424

Actions (login required)

View Item View Item