Analisis Subsektor Perkebunan dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian di Kabupaten Sijunjung Tahun 2015-2019

Radinal, Pradini (2021) Analisis Subsektor Perkebunan dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian di Kabupaten Sijunjung Tahun 2015-2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkebunan merupakan salah satu subsektor pertanian yang masih memegang peranan penting perekonomian di Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis subsektor perkebunan dan pengaruhnya terhadap perekonomian di Kabupaten Sijunjung periode 2015-2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari BPS Kabupaten Sijunjung, Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, BPP Kecamatan Lubuk Tarok, serta Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Sijunjung. Metode analisis yang digunakan adalah metode Analisis Location Quentiont (LQ,) Analisis Kontribusi, dan Analisis Tipologi Klassen. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat lima lapangan usaha yang merupakan sektor ekonomi basis di Kabupaten Sijunjung tahun 2015-2019, yaitu sektor pertanian, pertambangan, kontruksi. Hasil analisis kontribusi menunjukkan bahwa subsektor perkebunan memberikan kontribusi sebesar 11.45% terhadap sektor pertanian di Kabupaten Sijunjung. Komoditi tanaman perkebunan yang menjadi komoditi unggulan/basis di Kabupaten Sijunjung adalah Karet dan Pinang dengan hasil nilai LQ > 1. Sedangkan untuk analisis tipologi klassen menunjukkan terdapat tiga klasifikasi komoditi di Kabupeten Sijunjung, yaitu komoditi prima: karet dan sawit, komoditi berkembang: kopi robusta, pinang, gardamon, kulit manis, selanjutnya komoditi terbelakang: nilam, teh, pagar jarak. Saran dalam penelitian ini adalah agar pemerintah dapat membuat program-program untuk perkembangan sektor pertanian di Kabupaten Sijunjung, terutama subsektor perkebunan sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian di Kabupaten Sijunjung serta diperlukan adanya kerja sama antara petani dan pemerintah dalam melakukan penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan skill dan SDM petani sehingga hasil produksi tanaman perkebunan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Purwa Sutrisno, SE.,MS
Uncontrolled Keywords: Sektor Pertanian, Subsektor Perkebunan, Teori Basis, Analisis Location Quentiont (LQ), Analisis Kontribusi, Analisis Tipologi Klassen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:46
Last Modified: 15 Sep 2021 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82256

Actions (login required)

View Item View Item