TINJAUAN PENETAPAN KADAR KAPTOPRIL DALAM SEDIAAN FARMASI DAN MATRIKS BIOLOGIS

Nanda, Aflyona Darma (2021) TINJAUAN PENETAPAN KADAR KAPTOPRIL DALAM SEDIAAN FARMASI DAN MATRIKS BIOLOGIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit berbahaya yang mendapat perhatian khusus dari semua kalangan masyarakat karena memiliki jumlah kejadian yang tinggi, baik di dunia maupun di Indonesia. Terdapat berbagai golongan obat yang dapat digunakan untuk mengobati hipertensi, salah satunya adalah penghambat ACE. Kaptopril merupakan obat golongan penghambat ACE yang bekerja dengan menghambat konversi angiotensin I menjadi angiotensin II oleh ACE sehingga menstimulasi sintesis senyawa-senyawa vasodilator. Kaptopril sering diresepkan untuk penyakit hipertensi karena merupakan lini pertama pengobatan, mudah diakses dan memiliki harga yang terjangkau. Oleh karena itu, untuk menjamin kualitas obat, dilakukan penentuan kadar kaptopril. Review article ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang berbagai teknik analisis yang telah dilakukan dalam penentuan kadar kaptopril baik dalam bentuk sediaan farmasi maupun matriks biologis. Beberapa metode analitik tersebut seperti metode spektrofotometri UV-Visible, kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT), voltametri dan injeksi aliran. Proses pengumpulan data dalam penyusunan review artikel ini adalah dengan mengumpulkan jurnal penelitian melalui situs terpercaya dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir (2011-2021) dengan kata kunci pencarian “Penentuan Kaptopril”, “Analisis Kaptopril pada Sediaan Farmasi” dan Analisis Kaptopril pada Matriks Biologis“. Dari data yang telah dikumpulkan, metode voltametri adalah teknik analisis yang paling banyak digunakan dalam penentuan kaptopril, baik dalam bentuk sediaan farmasi maupun matriks biologis dalam sepuluh tahun terakhir. Kata Kunci: Kaptopril; spektrofotometri; HPLC; voltametri; injeksi aliran; formulasi farmasi; matriks biologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Apt. Roslinda Rasyid, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kaptopril; spektrofotometri; HPLC; voltametri; injeksi aliran; formulasi farmasi; matriks biologis.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:14
Last Modified: 15 Sep 2021 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82252

Actions (login required)

View Item View Item