Analaisa Biaya Penggunaan Alat Berat Pada Pekerjaan Bored Pile Pada Proyek Pembangunan Gedung H Kampus III UIN Imam Bonjol Padang

Rahmi, Syafira Lista (2021) Analaisa Biaya Penggunaan Alat Berat Pada Pekerjaan Bored Pile Pada Proyek Pembangunan Gedung H Kampus III UIN Imam Bonjol Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup atau Kesimpulan))
3. BAB Akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada umumnya pembangunan infrastruktur seperti pembangunan gedung selalu berkaitan dengan permasalahan pekerjaan tanah maupun pekerjaan pondasi. Pemilihan dalam pengggunaan alat berat yang tepat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Pada pelaksanaan pekerjaan pondasi bored pile menggunakan bantuan alat berat antara lain excavator, bore machine, crawler crane dan mixer truck. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui produktivitas alat berat dan total biaya penggunaan alat berat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa data primer dan data sekunder seperti kondisi alat berat di lapangan, waktu siklus, data pekerjaan pondasi, data spesifikasi alat berat, harga bahan bakar, harga pelumas, harga pokok alat berat, upah operator dan upah pembantu operator yang digunakan untuk menghitung produktivitas dan total biaya alat berat. Berdasarkan hasil perhitungan, maka diperoleh nilai produktivitas excavator sebesar 26.42 m3/jam, produktivitas bore machine sebesar 19.08 m/jam, produktivitas crawler crane sebesar 6.35 ton/jam, produktivitas mixer truck sebesar 5.67 m3/jam. Biaya untuk 1 titik pondasi adalah sebesar Rp 6,759,558 dan total biaya penggunaan alat berat untuk 100 titik sebesar Rp 675,955,849 (Enam ratus tujuh puluh lima juta sembilan ratus lima puluh lima ribu delapan ratus empat puluh sembilan rupiah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Benny Hidayat, Ph.D
Uncontrolled Keywords: alat berat, pondasi bored pile, produktivitas, total biaya
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:01
Last Modified: 23 Sep 2021 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82241

Actions (login required)

View Item View Item