Hubungan Riwayat Keluarga, Berat Bayi Lahir, Usia Gestasi, dan Riwayat Konsumsi Susu Formula dengan Penyakit Refluks Gastroesofagus pada Bayi Usia 3 Minggu-12 Bulan di Puskesmas Andalas

Puthisari, Zonya Jannata (2021) Hubungan Riwayat Keluarga, Berat Bayi Lahir, Usia Gestasi, dan Riwayat Konsumsi Susu Formula dengan Penyakit Refluks Gastroesofagus pada Bayi Usia 3 Minggu-12 Bulan di Puskesmas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penyakit Refluks Gastroesofagus (PRGE) merupakan kondisi dimana isi lambung kembali ke esofagus atau orofaring yang menimbulkan gejala dan/atau komplikasi pada bayi. Patofisiologi PRGE tidak terlepas dari adanya berbagai faktor risiko, seperti riwayat keluarga dengan PRGE, berat bayi lahir, usia gestasi, dan riwayat konsumsi susu formula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara riwayat keluarga PRGE, berat bayi lahir, usia gestasi, dan riwayat konsumsi susu formula dengan PRGE pada bayi usia 3 minggu – 12 bulan di Puskesmas Andalas. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik komparatif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling pada 82 bayi yang terdiri dari 41 bayi PRGE dan 41 bayi tidak PRGE. Data didapatkan melalui wawancara orang tua bayi menggunakan kuesioner PRGE IDAI dan kuesioner GERD-Q. Analisis data menggunakan uji chi-square untuk analisis bivariat dan uji regresi logistik untuk analisis multivariat. PRGE pada bayi didapatkan paling banyak pada usia 3 minggu-6 bulan (73,2%) dan berjenis kelamin laki-laki (51,2%). Hasil uji chi-square didapatkan riwayat keluarga PRGE (p = 0,455), berat bayi lahir (p = 0,029), usia gestasi (p = 0,022), dan riwayat konsumsi susu formula (p = 0,033). Hasil uji regresi logistik didapatkan riwayat konsumsi susu formula menjadi faktor paling dominan yang berhubungan dengan kejadian PRGE pada bayi dengan OR = 3,219. Kesimpulan dari penelitian ini adalah didapatkan hubungan yang bermakna antara berat bayi lahir, usia gestasi, dan riwayat konsumsi susu formula dengan kejadian PRGE pada bayi, sedangkan riwayat keluarga PRGE tidak didapatkan hubungan yang bermakna dengan kejadian PRGE pada bayi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Yusri Dianne Jurnalis, Sp.A(K)
Uncontrolled Keywords: Bayi, berat bayi lahir, PRGE, riwayat keluarga PRGE, susu formula, usia gestasi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:17
Last Modified: 20 Sep 2021 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82217

Actions (login required)

View Item View Item