Pemanfaatan Ekstrak Lignin dari Kulit Buah Jagung (Zea mays L.) sebagai Inhibitor Korosi Baja Lunak dalam Medium Asam Klorida

Octavianty, Jihan (2021) Pemanfaatan Ekstrak Lignin dari Kulit Buah Jagung (Zea mays L.) sebagai Inhibitor Korosi Baja Lunak dalam Medium Asam Klorida. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Inhibisi korosi baja dalam larutan asam klorida (HCl) 1 M oleh ekstrak lignin dari kulit buah jagung (Zea mays L.) diteliti dengan menggunakan metode kehilangan berat, spektroskopi Fourier Transform Infrared (FTIR), spektrofotometri Ultaviolet-visible (UV-vis) dan mikroskop optik. Berdasarkan hasil penelitian, laju korosi baja berbanding lurus dengan peningkatan suhu dan berbanding terbalik dengan penambahan konsentrasi ekstrak lignin. Sedangkan efisiensi inhibisi berbanding lurus dengan peningkatan suhu dan penambahan konsentrasi ekstrak lignin. Berdasarkan metode kehilangan berat, didapatkan efisiensi inhibisi tertinggi adalah 91,85% dengan penambahan ekstrak lignin dengan konsentrasi 10 g/L pada suhu 60oC. Adsorpsi inhibitor dari ekstrak lignin dari kulit buah jagung pada permukaan baja mengikuti isoterm adsorpsi Langmuir dan Freundlich. Analisis FTIR dan spektrofotometri UV-vis menunjukkan adanya interaksi antara ekstrak lignin dari kulit buah jagung dengan permukaan baja. Analisis mikroskop optik menunjukkan bahwa ekstrak lignin dari kulit buah jagung dapat melindungi baja dari korosi dengan terbentuknya lapisan pelindung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:34
Last Modified: 15 Sep 2021 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82214

Actions (login required)

View Item View Item