Analisis Eksergi Pada Desalination Plant Unit 1-B di PT. Indonesia Power Ujp Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Cilegon

Oji, Daputra (2021) Analisis Eksergi Pada Desalination Plant Unit 1-B di PT. Indonesia Power Ujp Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Cilegon. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
3. BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5. Tugas Akhir Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap merupakan suatu instalasi peralatan yang berfungsi mengubah energi panas menjadi energi listrik. PLTGU Cilegon merupakan salah satu unit PLTGU yang beroperasi di Indonesia. Salah satu komponen utama dari PLTGU Cilegon ini adalah desalinasi. Desalinasi merupakan komponen penting dalam penyediaan bahan baku air tawar pada PLTGU. Setelah beroperasi secara kontinu, terjadi penurunan efisiensi dan performa pada desalinasi. Diperlukan analisis eksergi yang bertujuan untuk mengetahui penyebab dari penurunan efisiensi dan performa dari desalinasi dengan melihat nilai eksergi yang hilang serta lokasi tempang hilangnya eksergi, sehingga nantinya dapat berdampak pada peningkatan efisiensi atau performa dari desalinasi dan sesuai dengan standar. Pada penelitian ini juga dilakukan pembuatan aplikasi sederhana yang berguna untuk memudahkan dalam penentuan nilai eksergi pada desalinasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada bulan Mei, pemusnahan eksergi dari yang paling besar yaitu komponen Drain Cooler sebasar 757,27 Kw, lalu Brine Heater sebesar 567,56 Kw dan Flash Evaporator sebesar 164,80 kw. Sedangkan pada bulan Juni pemusnahan eksergi dari yang paling besar terjadi pada komponen Brine Heater dengan nilai 757,27 kw, kemudian Drain Cooler sebesar 621,16 kw dan terakhir Flash Evaporator sebesar 175,35 kw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Adjar Pratoto
Uncontrolled Keywords: Analisis eksergi, desalinasi, PLTGU
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:57
Last Modified: 04 Oct 2021 07:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82169

Actions (login required)

View Item View Item