ANALISIS LIFE CYCLE COST RUMAH SUSUN MAHASISWA KOTA PADANG (Studi Kasus: Rumah Susun Mahasiswa Kota Padang Paket II di Universitas Andalas Tahun 2018)

M, Rifqi Maulana Miroza (2021) ANALISIS LIFE CYCLE COST RUMAH SUSUN MAHASISWA KOTA PADANG (Studi Kasus: Rumah Susun Mahasiswa Kota Padang Paket II di Universitas Andalas Tahun 2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
3. Bab 5 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses perencanaan biaya konstruksi merupakan proses perencanaan keseluruhan biaya yang berkaitan dengan proses konstruksi. Perkiraan biaya konstruksi ini hanya menghitung biaya konstruksi saja, sedangkan pasca konstruksi akan ada biaya-biaya lain yang akan dikeluarkan untuk bangunan tersebut. Analisis Life Cycle Cost merupakan suatu metoda yang hadir dikarenakan kesadaran para engineer bahwa pembiayaan suatu infrastruktur tidak hanya sebatas biaya konstrusi saja. Selama umur layan bangunan proyek konstruksi tidak hanya memikul biaya pembangunan saja. Setidaknya ada empat jenis biaya yang muncul selama umur layan bangunan, yaitu biaya pembangunan, biaya operasional, biaya pemeliharaan dan biaya pembongkaran. Akumulasi dari keempat jenis biaya tadi disebut dengan life cycle cost. Perhitungan life cycle cost pada rumah susun akan menjadi sangat penting, dikarenakan bangunan umum yang bersifat pelayanan selama umur layan bangunan sangat banyak mengeluarkan biaya-biaya lain untuk menunjang penghuninya. Jumlah biaya tersebut sangat signifikan, maka dari itu perlu analisis life cycle cost sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penambilan kebijakan pihak pengelola gedung. Tujuan dari penelitian ini mendapatkan life cycle cost bangunan Rumah Susun Mahasiswa Kota Padang di Universitas Andalas. Metoda yang digunakan adalah menghitung seluruh biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan nilai uang terhadap waktu dan menggunakan pendekatan present worth method. Present worth method sendiri adalah mengkonversi biaya sekarang ataupun yang akan datang ke satu periode waktu dan biasanya dikonversi ke waktu terjadinya pengeluran pertama . Jadi selama umur layan banguanan akan diperkirakan tingkat suku bunga rata-rata tahunan sebagai acuan kenaikan harga barang dan jasa konstruksi. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa, biaya pembangunan adalah biaya yang paling banyak dikeluarkan selama umur layan bangunan yaitu 46.76% dari keseluruhan total biaya bangunan selama umur layan, Rp. 14.812.627.633. Lalu biaya pemeliharaan dan perawatan sejumlah 33.51% atau sekitar Rp. 10.614.749.486, 95. Sedangkan biaya operasional sejumlah Rp. 5.981.662.647,86 atau lebih kurang 18.88% dan biaya pembongkaran sekitar 0.85% atau Rp. 267.800.327. Dapat disimpulkan bahwa biaya-biaya lain yang muncul selain biaya pembangunan jumlah cukup signifikan. Dengan adanya analisis life cycle cost dapat juga memberikan gambaran kepada pihak pengelola gedung dan menjamin keberlanjutan biaya bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yervi Hesna, MT
Uncontrolled Keywords: Bangunan, Biaya, Umur Layan, Life Cycle Cos
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:31
Last Modified: 23 Sep 2021 02:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82149

Actions (login required)

View Item View Item