Ardina, Miya (2021) “Afiks dalam Komentar Instagram Minanglip (Tinjauan Morfologi). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
BAB SATU WATERMARK.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab Akhir)
BAB EMPAT WATERMARK.pdf - Published Version Download (445kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DaftarPustaka.pdf - Published Version Download (229kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full)
skripsi FULLLL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Afiks dalam Komentar Instagram Minanglip (Tinjauan Morfologi). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja afiks dan mendeskripsikan makna afiks yang terdapat pada komentar instagram Minanglip. Metode dan teknik penelitian ini dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu 1) metode dan teknik penyediaan data; 2) metode dan teknik analisis data; 3) metode dan teknik penyajian hasil analisis data. Pada metode penyediaan data, metode yang digunakan ialah metode simak artinya komentar instagram disimak satu persatu untuk mendapatkan kata-kata yang mengandung afiks. simak pada penelitian ini berarti, membaca dengan teliti komentar-komentar yang ada di instagram Minanglip. Pada metode dan teknik analisis data, metode yang digunakan adalah metode agih, dengan teknik dasar berupa Bagi Unsur Langsung (BUL), dan teknik lanjutan berupa teknik ganti. Untuk penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Bentuk-bentuk afiks yang ditemukan yakni 25 buah prefiks {maN-} yang memiliki 5 turunannya berupa {ma-, man-, mam-, mang-, dan many-}, 18 buah prefiks {ba-}, 1 buah prefiks {pa-}, 9 buah prefiks {di-}, 15 buah prefiks {ta-}, 9 buah prefiks {sa-}, dan 4 buah sufiks {-an}.(2) Makna afiks yang ditemukan tergantung pada afiks pada kata dasar yang dilekatinya, yakni (1) prefiks {maN-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata verba tidak mengubah kelas kata yang dilekatinya, prefiks {maN-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata nomina mengubah kelas kata yang dilekatinya, prefiks {maN-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata adjektiva mengubah kelas kata yang dilekatinya. (2) prefiks {ba-}yang melekat pada kata dasar berkelas kata verba tidak mengubah kelas kata yang dilekatiya, prefiks {ba-}yang melekat pada kata dasar berkelas kata nomina mengubah kelas kata yang dilekatinya, prefiks {ba-}yang melekat pada kata dasar berkelas kata adjektiva mengubah kelas kata yang dilekatinya. (3) prefiks {paN-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata adjektiva mengubah kelas kata yang dilekatinya (4) prefiks {di-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata verba tidak mengubah kelas kata yang dilekatinya. (5) prefiks {ta-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata verba tidak mengubah kelas kata yang dilekatinya, prefiks {ta-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata nomina mengubah kelas kata yang dilekatinya, prefiks {ta-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata adjektiva mengubah kelas kata yang dilekatinya. (6) prefiks {sa-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata nomina tidak mengubah kelas kata yang dilekatinya, prefiks {sa-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata adjektiva tidak mengubah kelas kata yang dilekatinya, prefiks {sa-} yang melekat pada kata dasar berkelas kata numeralia tidak mengubah kelas kata yang dilekatinya. (7) sufiks {-an} yang melekat pada kata dasar yang berkelas kata verba tidak mengubah kelas kata yang dilekatinya, sufiks {-an} yang melekat pada kata dasar yang berkelas kata nomina mengubah kelas kata yang dilekatinya. Kata Kunci: instagram,minanglip, afiks, morfologi, makna
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah |
Depositing User: | s1 sastra minang |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 06:50 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 06:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82070 |
Actions (login required)
View Item |