PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN SALAM (Eugenia polyantha.) SEBAGAI Antibiotic Growth Promotore (AGP) TERHADAP KUALITAS TELUR PUYUH (Coturnix-coturnix japonica.)

Sri, Rahayu (2021) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN SALAM (Eugenia polyantha.) SEBAGAI Antibiotic Growth Promotore (AGP) TERHADAP KUALITAS TELUR PUYUH (Coturnix-coturnix japonica.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak sri rahayu.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup kesimpulan)
3. BAB Akhir (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5. SKRIPSI FULL SRI RAHAYU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan level penambahan tepung daun salam (TDS) yang dapat dijadikan sebagai feed additive pengganti AGP sintetis dan berpengaruh terhadap kualitas telur puyuh. Penelitian ini menggunakan 200 ekor puyuh petelur berumur 52 hari dan telah berproduksi sebanyak 41%. Bahan-bahan penyusun ransum yang digunakan yaitu : jagung, dedak padi, bungkil kedelai, meat bone meal (MBM), corn gluten meal (CGM), tepung batu, top mix, mineral B12 dan ditambahkan TDS diluar ransum. Ransum disusun dengan isoprotein 20% dan isokalori 2800 kkal/kg serta air minum diberikan secara adlibitum. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 Perlakuan (zinc bacitracin, 1%, 2%, 3% dan 4% TDS) dan 4 ulangan. Peubah yang diamati yaitu kandungan kolesterol, kandungan lemak dan warna kuning telur puyuh. Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa penambahan tepung daun salam berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kolesterol kuning telur, berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap lemak kuning telur tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap warna kuning telur. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penambahan TDS dari level 1% dapat dijadikan sebagai feed additive pengganti AGP zinc bacitracin dan penambahan TDS dari level 2% memberikan pengaruh terhadap kualitas telur yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak kuning telur puyuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Harnentis, MS
Uncontrolled Keywords: Antibiotic growth promotore, kualitas telur, tepung daun salam, zinc bacitracin.
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 10 Sep 2021 07:45
Last Modified: 10 Sep 2021 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81951

Actions (login required)

View Item View Item