STUDI PERILAKU DINAMIS TANAH PASIR DI VILLA SUTAN RAJA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT UJI GESER LANGSUNG

Hafidz, Hidayat (2021) STUDI PERILAKU DINAMIS TANAH PASIR DI VILLA SUTAN RAJA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT UJI GESER LANGSUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanah merupakan material kompleks dan memiliki sifat-sifat yang tidak tetap, bervariasi dengan faktor lingkungan seperti waktu, riwayat tegangan, perubahan muka air tanah dan lain-lain. Sehingga perlu dilakukan penelitian terhadap perilaku dinamis tanah untuk mengetahui sifat tanah akibat beban dinamis sebagai media dari perambatan getaran saat terjadi gempa. Karena gempa merupakan beban yang bersifat dinamis, untuk mengetahui respon tanah terhadap gempa perlu diketahui parameter dinamik tanah yang harus dipertimbangkan dalam evaluasi respon dinamik akibat pergerakan tanah berupa modulus geser tanah (G) dan rasio redaman (D). Untuk memahami perilaku dan respon dinamik tanah terhadap beban dinamis, dibutuhkan pengujian lapangan dan laboratorium dalam menganalisa perilaku tanah untuk mengetahui nilai modulus geser dan rasio redaman. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan nilai modulus geser (G) dan rasio redaman (D) tanah dengan menggunakan variabel-variabel hasil pengujian di laboratorium. Penentuan nilai modulus geser (G) dan rasio redaman (D) tanah juga dilakukan dengan melakukan uji geser langsung. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa semakin besar nilai kerapatan relatif maka nilai modulus geser juga akan semakin besar, sebaliknya apabila kerapatan relative semakin besar maka nilai rasio redaman akan semakin kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PROF.Dr. ABDUL HAKAM, Ph.D RINA YULIET, M.T
Uncontrolled Keywords: Tanah, Perilaku dinamis tanah, Modulus geser tanah (G), rasio redaman (D), Uji geser langsung, Kerapatan relative tanah.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:14
Last Modified: 09 Sep 2021 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81909

Actions (login required)

View Item View Item