Perencanaan Sistem Pengelolaan Sampah Kawasan Gunung Padang Kota Padang

Muhammad, Raihan Zaky (2021) Perencanaan Sistem Pengelolaan Sampah Kawasan Gunung Padang Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 11 Penutup)
BAB 11 Penutup.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Kawasan Gunung Padang Kota Padang merupakan kawasan pariwisata favorit dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun luar daerah Kota Padang. Kawasan ini terdiri dari dua kelurahan yaitu Kelurahan Batang Arau dan Bukit Gado-Gado di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Pariwisata yang ada di Kawasan Gunung Padang yaitu Objek Wisata Gunuang Padang. Pengelolaan sampah di Kawasan Gunung Padang sudah ada namun belum maksimal. Tujuan dari tugas akhir ini yaitu merencanakan sistem pengelolaan sampah dan menaikkan tingkat pelayanan dari 5% pada kondisi eksisting ke 100% dengan melibatkan partisipasi masyarakat di Kawasan Gunung Padang agar masyarakat menjadi lebih mandiri dalam mengelola sampahnya sendiri sehingga dapat mengurangi sampah yang diangkut ke TPA. Rata-rata timbulan Kawasan Gunung Padang yaitu adalah 0,126 kg/orang/hari atau 2,622 L/orang/hari. Komposisi sampah terdiri dari 38% sampah sisa makanan, 13% sampah halaman, 14% kertas, 18% plastik kemasan, 13% botol minuman, 0,71% stryoform, 0,49% pembalut dan 0,36% kemasan obat. Perencanaan pengelolaan sampah direncanakan selama 10 tahun (tahun 2021-tahun 2030). Aspek teknis operasional yang direncanakan adalah pengurangan dan penanganan dengan melakukan pembatasan penggunaan wadah sekali pakai serta penanganan dengan konsep 3R. Skala pengelolaan kawasan yaitu dengan tiga kategori pemilahan (sampah mudah terurai, daur ulang, dan residu), pewadahan menggunakan wadah komunal (drum 150 L) untuk pemukiman dan (drum 60 L) untuk objek wisata, pengumpulan dengan becak motor kapasitas 1,5 m3 dan motor keranjang 0,25 m3, pengolahan sampah dilakukan di TPS 3R yang bersinergi dengan bank sampah, serta sistem pengangkutan yang direncanakan yaitu HCS. Sampah residu menggunakan armroll truck kapasitas 6 m3 dari TPS 3R menuju TPA Air Dingin Kota Padang. Sementara itu, aspek non teknis yang direncanakan adalah menegakkan peraturan tentang pengelolaan sampah, pembentukan Kelompok Swadaya Masyarakat, penyesuaian pembiayaan sesuai peraturan yang berlaku, dan peningkatan peran serta masyarakat dan pengunjung. Rencana anggaran biaya yang diperlukan pada tahap I (2021-2025) adalah Rp. 2.159.043.139,00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rizki Aziz, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Aspek Teknis, Aspek Non Teknis, Kawasan Gunung Padang, Objek Wisata Gunuang Padang, Sistem Pengelolaan Sampah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:12
Last Modified: 09 Sep 2021 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81901

Actions (login required)

View Item View Item