PENGARUH PENGGUNAAN AZOLLA (Azolla microphylla) YANG DIFERMENTASI DENGAN JAMUR SHIITAKE (Lentinus edodes) DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA BROILER

Rindu, Nofira Putri (2021) PENGARUH PENGGUNAAN AZOLLA (Azolla microphylla) YANG DIFERMENTASI DENGAN JAMUR SHIITAKE (Lentinus edodes) DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA BROILER. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FIX RINDU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan batasan level dan mempelajari pengaruh penggunaan Azolla (Azolla microphylla) yang difermentasi dengan jamur Shiitake (Lentinus edodes) (AMF) dalam ransum terhadap performa broiler. Penelitian ini menggunakan 80 ekor DOC broiler strain Arbor Acres (AA) CP-707 dan diberi ransum perlakuan sampai dengan 5 minggu pemeliharaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan adalah penggunaan AMF dalam ransum: A (0% AMF), B (10% AMF), C (15% AMF), D (20% AMF) dan E (25% AMF). Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum (g/ekor), pertambahan bobot badan (g/ekor), konversi ransum dan income over feed cost (Rp/kg). Hasil penelitian dan analisis ragam menunjukan bahwa perlakuan memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum dan pertambahan bobot badan serta memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap konversi ransum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan produk Azolla (Azolla microphylla) yang difermentasi dengan jamur Shiitake (Lentinus edodes) dapat digunakan sampai level 20% dalam ransum dan dapat mempertahankan performa broiler. Pada kondisi ini diperoleh konsumsi ransum 1998,44 g/ekor, pertambahan bobot badan 1114,50 g/ekor, konversi ransum 1,79 dan income over feed cost Rp. 19.854/kg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Uncontrolled Keywords: Azolla microphylla, fermentasi jamur Shiitake, broiler, performa.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:07
Last Modified: 08 Sep 2021 03:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81724

Actions (login required)

View Item View Item