PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER WEMOS D1 PADA KONTROL PERANGKAT ELEKTRONIK DAN MONITORING KEADAAN RUANGAN

Gusri, Alfian (2021) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER WEMOS D1 PADA KONTROL PERANGKAT ELEKTRONIK DAN MONITORING KEADAAN RUANGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peralatan elektronik pada umumnya masih digunakan secara konvensisonal, dan hanya mampu dikontrol melalui sebuah switch. Peralatan elektronik akan semakin mudah dikontrol jika switch kontrolnya dialihfungsikan pada sebuah layanan dengan bantuan mikrokontroler yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media penghubung yang disebut dengan internet of things. Internet of Things merupakan sebuah inovasi yang memungkinkan suatu perangkat dapat terhubung dengan internet secara kontinyu. Pemanfaatan internet of things pada elektronik rumah tangga akan meningkatkan pelayanan serta kemudahan dalam mengontrol dari posisi di manapun dan memonitoring keadaan ruangan. Tugas akhir ini bertujuan merancang sistem alat kontrol perangkat elektronik dengan menganaslisis kinerja sistem berdasarkan parameter respon waktu. Respon waktu didapatkan dengan cara mengekstrak video simulasi dalam bentuk frame. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem berhasil dirancang dengan respon waktu pada saat pengujian dengan memvariasikan perubahan posisi user terhadap hardware pada jarak 4,1 km, 14 km dan 17 km dengan rata - rata waktu tercepat dan terlama secara berurutan 0,287 detik; 0,19 detik; 0,844 detik dan 0,823 detik; 0,474 detik; 1,063 detik, untuk pengujian dengan variasi sumber koneksi internet menggunakan wifi dan tethering rata - rata dengan nilai tercepat 0,306 detik dan 0,514 detik dan nilai terlama 0,486 detik dan 0,851 detik, untuk pengujian dengan menggunakan dua sumber koneksi internet yang berbeda dan variasi posisi user terhadap hardware memiliki nilai rata - rata maksimum 0,92 detik dan 0,67 detik dan nilai rata – rata minimum 0,47 detik dan 0,45 detik. Sedangkan untuk sensor PIR mampu mendeteksi adanya gerakan sejauh 5 meter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Internet of Things, wemos d1, respon waktu
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:24
Last Modified: 09 Sep 2021 02:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81584

Actions (login required)

View Item View Item