adaptasi perilaku masyarakat dimasa pandemi Covid-19 (studi kasus: Kelurahan Kampung Jua Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang)

whitri, aprilia (2021) adaptasi perilaku masyarakat dimasa pandemi Covid-19 (studi kasus: Kelurahan Kampung Jua Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 penutup)
bab 5 penutup.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai adaptasi perilaku masyarakat dimasa pandemi Covid-19, studi kasus Kelurahan Kampung Jua Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis bentuk perilaku yang ditampilkan oleh masyarakat Kelurahan Kampung Jua Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang dalam beradaptasi terhadap kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah terkait adanya pandemi Covid-19 serta seperti apa pengetahuan masyarakat Kelurahan Kampung Jua Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang terhadap Covid-19 sehingga mempengaruhi bentuk perilaku mereka dalam beradaptasi dengan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pemilihan informan yang dilakukan dengan cara purposive sampling, serta melakukan analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk perilaku yang ditampilkan oleh masyarakat Kelurahan Kampung Jua Nan XX dalam beradaptasi terhadap kebijakan pemerintah terdiri dari 2 macam, yaitu: bentuk perilaku yang cenderung melakukan adaptasi sesuai dengan kebijakan pemerintah dan bentuk perilaku yang cenderung tidak melakukan adaptasi perilaku sesuai kebijakan pemerintah. Bentuk adaptasi perilaku yang ditampilkan oleh masyarakat setempat dipengaruhi oleh pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat itu. Masyarakat Kelurahan Kampung Jua Nan XX yang melakukan adaptasi perilaku sesuai kebijakan pemerintah tersebut memiliki pengetahuan bahwa Covid-19 tersebut merupakan sebuah virus baru dan benar-benar berbahaya bagi tubuh manusia. Sedangkan, masyarakat yang tidak beradaptasi sesuai kebijakan pemerintah tersebut memiliki pengetahuan bahwa, Covid-19 dianggap mirip dengan penyakit yang sudah ada sejak dahulu, Covid-19 merupakan virus yang hanya berbahaya ketika menjangkiti seseorang yang memiliki penyakit bawaan, Covid-19 tidak dapat hidup di daerah yang memiliki banyak pepohonan dan dekat dengan perbukitan, dan Covid-19 tidak akan dapat menjangkiti seseorang yang sering berjemur dibawah sinar matahari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajri Rahman,S.Sos,M.A
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:59
Last Modified: 02 Sep 2021 04:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81498

Actions (login required)

View Item View Item