PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens Jack.) TERHADAP TEKANAN DARAH DAN LAJU JANTUNG PADA TIKUS PUTIH JANTAN HIPERTENSI

Dwi, Ariani Febrina (2021) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens Jack.) TERHADAP TEKANAN DARAH DAN LAJU JANTUNG PADA TIKUS PUTIH JANTAN HIPERTENSI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka WATER.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hipertensi merupakan suatu kondisi terjadinya peningkatan tekanan darah besar dari 140/90 mmHg. Daun sungkai(Peronema canescens Jack.) menjadi salah satu alternatif pengobatan tradisional masyarakat di Kalimatan dalam pengobatan hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi dosis dan lama pemberian ekstrak etanol daun sungkai terhadap tekanan darah dan laju jantung dengan pada tikus pada tikus putih jantan hipertensi. Tikus dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif, kelompok pembanding dan 3 kelompok perlakuan. Kelompok perlakuan dibagi atas 3 variasi dosis yaitu kelompok dosis 100mg/kgBB, kelompok dosis 200mg/kgBB dan kelompok dosis 400mg/kgBB. Tikus diberikan induksi hipertensi kombinasi prednison 5 mg/kgBB dan NaCl 8%. Pengukuran dilakukan pada hari ke-1,5,10,15. Pengukuran tekanan darah dilakukan dengan metode non invasif menggunakan alat blood pressure analyzer(CODA®). Data dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua arah dan dilanjutkkan dengan uji duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun sungkai berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap penurunan tekanan darah(sistol, diastol, arteri rata-rata) dan laju jantung. Penurunan tekanan darah paling tinggi pada dosis 400mg/kgBB sedangkan pada laju jantung terdapat pada dosis 200 mg/kgBB. Pemberian ekstrak etanol daun sungkai pada variasi dosis dan lama pemberian berpengaruh terhadap penurunan rata-rata tekanan darah dan laju jantung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Netty Suharti, MS
Uncontrolled Keywords: Peronema canescens Jack., antihipertensi, tekanan darah, laju jantung
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:28
Last Modified: 09 Sep 2021 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81353

Actions (login required)

View Item View Item