ANALISIS YURIDIS PERSYARATAN PENGAWAKAN KAPAL SEBAGAI PENYEBAB KECELAKAAN DITINJAU DARI ASPEK HUKUM KEMARITIMAN INTERNASIONAL DAN NASIONAL

Nurul Annisa, Haniyashfira (2021) ANALISIS YURIDIS PERSYARATAN PENGAWAKAN KAPAL SEBAGAI PENYEBAB KECELAKAAN DITINJAU DARI ASPEK HUKUM KEMARITIMAN INTERNASIONAL DAN NASIONAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahulaun)
Bab I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Iv Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)

Abstract

ABSTRAK Human error masih menjadi penyebab paling banyak atas kecelakaan kapal di laut, walaupun telah terdapat beberapa ketentuan mengenai keselamatan kapal dan pelayaran terutama mengenai pengawakan kapal baik di tingkat internasional maupun nasional. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimanakah permasalahan yang ada dalam persyaratan pengawakan kapal sehingga dapat menjadi salah satu penyebab kecelakaan, dan bagaimanakah persyaratan pengawakan kapal yang harus dipenuhi untuk mencegah kecelakaan ditinjau dari aspek hukum kemaritiman internasional dan nasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif atau studi kepustakaan. Sebagai penelitian normatif maka penelitian ini lebih menitik beratkan pada studi tentang data sekunder yang terdiri atas bahan hukum primer, sekunder dan tersier, dimana data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat permasalahan yang ada dalam persayaratan pengawakan kapal sehingga terjadi kecelakaan, misalnya saja ketika sertifikat telah dikeluarkan namun ternyata aspek-aspek yang harus dipenuhi kapal tidak memenuhi syarat kelaiklautan kapal sehingga tidak memenuhi persyaratan keselamatan kapal sesuai dengan ketentuan tentang pelayaran. Oleh karena guna terpenuhinya aspek keselamatan kapal maka terhadap awak kapal terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni: a. pendidikan; b. persertifikatan; dan c. kewenangan, hak dan kewajiban pelaut. Kata kunci: human error, kecelakaan kapal, keselamatan kapal, pengawakan kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sukanda Husin, S.H., L.LM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:01
Last Modified: 02 Sep 2021 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81306

Actions (login required)

View Item View Item