Studi Numerik Kapasitas Pelat Komposit Beton-Baja Ringan Dengan Sistem Penulangan Satu Arah

Dianul, Ikhsan (2021) Studi Numerik Kapasitas Pelat Komposit Beton-Baja Ringan Dengan Sistem Penulangan Satu Arah. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Kesimpulan)
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan dunia konstruksi terkhususnya pada pelat lantai telah banyak mengalami perubahan, salah satunya adalah penggunaan baja ringan profil C75.35.0,75 sebagai pengganti tulangan pada pelat. Penelitian mengenai penggunaan baja ringan sebagai reinforcement ini telah dilakukan secara eksperimental dengan lebar 150 mm, 300 mm, dan 450 mm dengan variasi ketebalan 80 mm, 100 mm, dan 120 mm untuk setiap lebar pelat. Pada penelitian eksperimental tersebut didapatkan beban maksimum yang dapat dipikul oleh masing-masing pelat. Banyak pelat yang dianalisis pada penelitian studi numerik ini berjumlah 27 buah pelat , dengan 9 pelat komposit beton-baja rigan, 9 pelat beton bertulang konvensional, dan 9 pelat hybrid. Pada analisis pelat komposit beton-baja ringan perbandingan presentase nilai kapasitas momen pelat pada pengujian secara eksperimental dengan perangkat lunak RCCSA yaitu rata-rata sebesar 12,59%, sedangkan perbandingan antara pengujian secara eksperimental dengan formula rata-rata sebesar 13.46%. Pelat beton bertulang memiliki perbandingan untuk pengujian eksperimental dengan perangkat lunak RCCSA adalah 22.25%, sedangkan perbedaan nilai presentase untuk pengujian eksperimental dengan formula rata-rata adalah 22,83%. Pada pelat hybrid presentase perbedaan nilai kapasitas momen antara pengujian eksperimental dengan formula rata-rata sebesar 10,35%. Sedangkan perbedaan nilai kapasitas momen antara pengujian eksperimental dengan perangkat lunak RCCSA adalah sebesar 14.24%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sabril Haris HG, Ph.D
Uncontrolled Keywords: RCCSA, Baja Ringan, Pelat Komposit, Pelat Konvensional, Pelat Hybrid.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:55
Last Modified: 10 Sep 2021 02:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81289

Actions (login required)

View Item View Item