PERBEDAAN KADAR HYPOXIA INDUCIBLE FACTOR 1 ALPHA SERUM DAN ALKALINE PHOSPHATASE SERUM BERDASARKAN KLASIFIKASI CHILD-TURCOTTE-PUGH PADA PASIEN SIROSIS HATI

Hans, Wincen Winardi (2021) PERBEDAAN KADAR HYPOXIA INDUCIBLE FACTOR 1 ALPHA SERUM DAN ALKALINE PHOSPHATASE SERUM BERDASARKAN KLASIFIKASI CHILD-TURCOTTE-PUGH PADA PASIEN SIROSIS HATI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak dr. Hans-dikonversi.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. Pendahuluan dr. Hans-dikonversi.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir)
3. Penutup dr. Hans-dikonversi.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka dr. Hans-dikonversi.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah utuh)
5. Thesis full text dr. Hans Wincen.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan Hipoksia sangat berperan dalam patogenesis sirosis hati. Hypoxia Inducible Factor 1 Alpha adalah regulator transkripsi yang memiliki efek respon homeostasis terhadap tekanan oksigen yang rendah dan telah diidentifikasi sebagai mediator kunci angiogenesis, inflamasi, dan metabolisme. Peningkatan Hypoxia Inducible Factor 1 Alpha dalam sitoplasma sel hati berpengaruh terhadap nukleus sel hati yang ditandai dengan peningkatan Alkaline Phosphatase. Klasifikasi Child-Turcotte-Pugh dapat menilai berat penyakit pasien sirosis hati. Oleh karena tingginya faktor risiko kematian pasien sirosis hati, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kadar Hypoxia Inducible Factor 1 Alpha dan Alkaline Phosphatase berdasarkan klasifikasi Child-Turcotte-Pugh pada pasien sirosis hati. Metode Penelitian observational analitik dengan pendekatan cross sectional di Instalasi Rawat Inap dan Rawat Jalan Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang selama 6 bulan. Sampel dipilih secara consecutive sampling, dengan total 39 orang yang terdiri dari 13 orang pasien Child-Turcotte-Pugh A, 13 orang pasien Child-Turcotte-Pugh B dan 13 orang pasien Child-Turcotte-Pugh C. Kadar HIF-1α serum diperiksa dengan metode ELISA. Kadar ALP diperiksa melalui kimia klinik. Hasil yang diperoleh dianalisis secara statistik untuk melihat perbedaan antara ketiga kelompok. Hasil Kadar HIF-1α serum pada pasien Child-Turcotte-Pugh C lebih tinggi dibandingkan pasien Child-Turcotte-Pugh B dan Child-Turcotte-Pugh A dan berdasarkan uji Kruskal-Wallis tidak terdapat perbedaan bermakna secara statistik pada ketiga kelompok (p>0.05). Kadar ALP serum pasien Child-Turcotte-Pugh C lebih tinggi dibandingkan pasien Child-Turcotte-Pugh B dan Child-Turcotte-Pugh A dan berdasarkan uji Kruskal-Wallis terdapat perbedaan bermakna secara statistik pada ketiga kelompok (p<0.05). Diskusi Tidak terdapat perbedaan bermakna kadar HIF-1α, terdapat perbedaan bermakna kadar ALP pada pasien sirosis hati dengan Child-Turcotte-Pugh A, B dan C.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Arnelis, Sp.PD-KGEH
Uncontrolled Keywords: Hypoxia Inducible Factor 1 Alpha, Alkaline Phosphatase, Child-Turcotte-Pugh A, B dan C.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:06
Last Modified: 31 Aug 2021 03:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81275

Actions (login required)

View Item View Item