PENGARUH PEMBERIAN FRAKSI AIR DAUN AFRIKA (Vernonia amygdalina Del.) TERHADAP TEKANAN DARAH, LAJU JANTUNG DAN VOLUME DARAH PADA TIKUS PUTIH JANTAN HIPERTENSI

Rindang, Farinka (2021) PENGARUH PEMBERIAN FRAKSI AIR DAUN AFRIKA (Vernonia amygdalina Del.) TERHADAP TEKANAN DARAH, LAJU JANTUNG DAN VOLUME DARAH PADA TIKUS PUTIH JANTAN HIPERTENSI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 Penutup.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI_RINDANG FARINKA_1711013011.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah meningkat secara kronis ditandai dengan tekanan darah sistolik (TDS) ≥140 mmHg dan tekanan darah diastolik (TDD) ≥90 mmHg. Hipertensi dapat menjadi faktor resiko penyebab penyakit kardiovaskular lainnya seperti serangan jantung, gagal jantung, dan stroke. Selain penggunaan obat sintetis, masyarakat juga menggunakan obat tradisional untuk mengobati penyakit hipertensi, salah satunya tumbuhan daun Afrika (Vernonia amygdalina Del.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian variasi dosis dan lama pemberian fraksi air daun afrika (Vernonia amygdalina Del.) terhadap tekanan darah, laju jantung dan volume darah pada tikus putih jantan hipertensi yang diinduksi kombinasi prednison 5 mg/kgbb dan NaCl 8%. Tikus putih jantan yang digunakan berjumlah 15 ekor yang dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif, kontrol positif, dan 3 kelompok uji fraksi air daun afrika (Vernonia amygdalina Del.) dengan variasi dosis 10 mg/kgbb, 20 mg/kgbb dan 40 mg/kgbb. Sediaan uji diberikan selama 15 hari secara peroral, pengukuran parameter tekanan darah (sistol, diastol, arteri rata-rata), laju jantung dan volume darah menggunakan metode tidak langsung (Non invasive blood pressure system CODA®) dilakukan pada hari ke-5, 10 dan 15. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Analysis of variance (ANOVA) dua arah dan dilanjutkan uji Duncan. Berdasarkan penelitian, faktor variasi dosis dan lama pemberian sediaan uji memiliki pengaruh nyata (p<0,05) terhadap tekanan darah (sistol, diastol, arteri rata-rata), laju jantung dan volume darah tikus putih jantan. Kelompok uji fraksi air daun afrika yang memiliki persentase penurunan tekanan darah,laju jantung dan volume darah yang paling besar adalah dosis 20 mg/kgbb pada pemeriksaan hari ke-15.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.apt. Helmi Arifin, M.S, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Daun afrika (Vernonia amygdalina Del.), antihipertensi, tekanan darah, laju jantung, CODA®
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:44
Last Modified: 14 Nov 2022 04:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81165

Actions (login required)

View Item View Item