Kajian Toksisitas Subakut Ekstrak Etanol Daun Afrika (Vernonia amygdalina Del.) Terhadap Beberapa Parameter Darah Pada Mencit Putih Jantan

Hamimi, Anshari (2021) Kajian Toksisitas Subakut Ekstrak Etanol Daun Afrika (Vernonia amygdalina Del.) Terhadap Beberapa Parameter Darah Pada Mencit Putih Jantan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Asbtrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (Bab I)
2. Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Bab V)
3. Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI_HAMIMI ANSHARI_1711011012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Uji toksisitas merupakan uji yang dilakukan untuk mengetahui efek toksik suatu zat pada sistem biologi yang diperoleh dengan data dosis dan respon. Pada penelitian ini, dilakukan pengujian toksisitas subakut ekstrak etanol daun afrika pada mencit putih jantan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi dosis dan lama pemberian ekstrak etanol daun afrika (Vernonia amygdalina Del.) terhadap parameter darah. Parameter yang diamati yaitu eritrosit, leukosit, hemoglobin dan hematokrit. Hewan percobaan yang digunakan yaitu mencit putih jantan sebanyak 36 ekor. Kemudian dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok 1 sebagai kontrol negatif yang diberikan suspensi Na CMC 0,5%, kelompok 2, 3 dan 4 diberikan sediaan uji dengan dosis 200 mg/kgBB, 400 mg/kgBB dan 800 mg/kgBB secara oral satu kali sehari yang diberikan selama 7,14 dan 21 hari. Pengujian dilakukan pada hari ke 8, ke 15 dan ke 22 terhadap eritrosit, leukosit, hemoglobin dan hematokrit. Kemudian data dianalisis dengan ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi dosis (200 mg/kgBB,400 mg/kgBB dan 800 mg/kgBB) dan lama pemberian (7,14 dan 21 hari) ekstrak etanol daun afrika tidak memberikan pengaruh terhadap parameter darah (p>0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Dian Ayu Juwita, M.Farm
Uncontrolled Keywords: Daun afrika (Vernonia amygdalina Del.), ekstrak etanol, toksisitas subakut, parameter darah.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:38
Last Modified: 14 Aug 2023 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81153

Actions (login required)

View Item View Item