Pengaruh Variasi Dosis dan Lama Pemberian Gambir Terpurifikasi (Uncaria Gambir Roxb.) Terhadap Laju Jantung, Aliran Darah, Volume Darah Tikus Hipertensi-Diabetes

Genca Aquista, Poppy (2021) Pengaruh Variasi Dosis dan Lama Pemberian Gambir Terpurifikasi (Uncaria Gambir Roxb.) Terhadap Laju Jantung, Aliran Darah, Volume Darah Tikus Hipertensi-Diabetes. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1. Pendahuluan)
BAB 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5. Penutup)
BAB 5. Penutup.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Gambir terpurifikasi merupakan hasil pemurnian ekstrak tanaman gambir (Uncaria gambir Roxb.) yang mengandung ≥90% katekin dan memiliki bioaktivitas antioksidan yang telah dibuktikan. Khasiat gambir telah banyak dimanfaatkan masyarakat secara empiris sebagai pengobatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian gambir terpurifikasi terhadap parameter laju jantung, aliran darah dan volume darah. Sebanyak 15 ekor tikus putih jantan hipertensi-diabetes dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif, kontrol positif dan 3 kelompok yang diberikan gambir terpurifikasi dengan dosis 2.5 , 5 dan 10 mg/kgBB. Selama 14 hari pengujian, dilakuan 4 kali pemeriksaan yaitu pada hari ke 1, 3, 7 dan 14 menggunakan Non-Invasive Blood System (CODA®). Data hasil penelitian di analisis menggunakan ANOVA dua arah (tingkat kebermaknaan diambil apabila p<0.05) yang dilanjutkandengan uji Duncan. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui gambir terpurifikasi dengan dosis 2.5, 5 dan 10 mg/kgBB memberikan pengaruh yang signifikan (p<0.05) terhadap penurunan laju jantung tikus. Gambir terpurifikasi dengan dosis 2.5 dan 5 mg/kgBB juga menunjukan pengaruh yang bermakna (p<0.05) terhadap penurunan aliran darah tikus. Sedangkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan (p>0.05) terhadap penurunan volume darah tikus oleh gambir terpurifikasi. Kata Kunci : Gambir terpurifikasi; Uncaria gambir Roxb.; Hipertensi; Diabetes; Laju Jantung: Aliran Darah; Voume Darah; Sistem pengukuran darah invasif (CODA®).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. apt. Armenia, MS, Ph.D
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 27 Aug 2021 05:04
Last Modified: 27 Aug 2021 05:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81132

Actions (login required)

View Item View Item