pengaruh ekstrak kelor (Moringa oleifera L.) sebagai biostimulan terhadap pertumbuhan kubis Singgalang (Brassica oleraceae var. capitata L.)

Sintia, Rahmadani (2021) pengaruh ekstrak kelor (Moringa oleifera L.) sebagai biostimulan terhadap pertumbuhan kubis Singgalang (Brassica oleraceae var. capitata L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh ekstrak kelor (Moringa oleifera L.) sebagai biostimulan terhadap pertumbuhan kubis Singgalang (Brassica oleraceae var. capitata L.) telah dilaksanakan pada bulan November 2020 sampai Februari 2021 di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Rumah Kaca, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi ekstrak kelor yang dapat meningkatkan pertumbuhan kubis Singgalang dan pengaruh pemberian ekstrak kelor terhadap pertumbuhan kubis Singgalang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan terdiri dari A (kontrol) B (1:64 v/v), C (1/32 v/v) dan D (1:16 v/v). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ekstrak kelor konsentrasi 1:32 v/v mampu meningkatkan tinggi, jumlah daun, luas daun, berat basah dan berat kering tanaman kubis Singgalang. Dapat disimpulkan bahwa kosentrasi 1:32 v/v adalah konsentrasi terbaik yang dapat menigkatkan parameter pertumbuhan kubis Singgalang dan ekstrak kelor berpengaruh posistif terhadap pertumbuhan kubis Singgalang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. ZOZY ANELOI NOLI
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:00
Last Modified: 30 Aug 2021 02:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81053

Actions (login required)

View Item View Item