PERANCANGAN DAN ANALISIS PARAMETER MODAL PADA SISTEM PENGATURAN ORIENTASI PANEL SURYA MENGGUNAKAN VARIASI POSISI TITIK BERAT

Aulia, Rahmat (2021) PERANCANGAN DAN ANALISIS PARAMETER MODAL PADA SISTEM PENGATURAN ORIENTASI PANEL SURYA MENGGUNAKAN VARIASI POSISI TITIK BERAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak 1610912032 Aulia Rahmat.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan) 1610912032 Aulia Rahmat.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. BAB akhir 1610912032 Aulia Rahmat.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Daftar Pustaka 1610912032 Aulia Rahmat.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh 1610912032 Aulia Rahmat.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Sistem pengaturan orientasi panel surya adalah suatu sistem yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dari penangkapan energi surya oleh sistem panel surya. Namun sebagaimana benda bergerak, pada sistem pengaturan orientasi panel surya juga akan terjadi respon dinamik pada sistemnya yang salah satunya adalah resonansi. Fenomena resonansi ini lambat laun akan menyebabkan kegagalan pada struktur dari sistem pengaturan orientasi panel surya. Pada penelitian ini akan dirancang dan dibuat model sistem pengaturan orientasi panel surya menggunakan variasi posisi titik berat. Kemudian, akan dicari frekuensi pribadi dari sistem pengaturan orientasi yang dibuat dengan melakukan metode analisis modal yang terdiri dari pengujian dengan bumb test dan simulasi dengan menggunakan metode elemen hingga. Terakhir, dicari frekuensi pribadi dan simpangan maksimum yang terjadi pada nilai kekakuan pegas selain variasi kekakuan pegas yang digunakan dalam analisis modal dengan menggunakan metode elemen hingga untuk melihat hubungan yang terjadi antara kekakuan pegas yang digunakan terhadap nilai dari frekuensi pribadi dan simpangan maksimum yang terjadi pada sistem. Hasil dari penelitian ini didapatkan model dari sistem pengaturan orientasi panel surya menggunakan variasi posisi titik berat dan 10 buah frekuensi pribadi pertama dari sistem. Selain itu, didapatkan pegas dengan kekakuan k  237N myang terbaik dari pegas dengan nilai kekakuan lainnya saat dipasangkan ke sistem pengaturan orientasi dikarenakan dapat menahan respon dinamik berupa resonansi pada modus getar lebih banyak daripada pegas dengan nilai kekakuan lainnya. Kemudian, didapatkan bahwa penambahan nilai kekakuan pegas yang digunakan tidak mempengaruhi nilai frekuensi pribadi dari sistem. Sedangkan, jika kekakuan pegas yang dipasang pada sistem panel surya semakin besar maka simpangan yang terjadi pada rangka panel surya semakin kecil dan begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Lovely Son
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengaturan Orientasi Panel Surya, Metoda Analisis Modal, Frekuensi Pribadi, Bumb Test, Metode Elemen Hingga, Respon Dinamik, Resonansi, Kekakuan Pegas, Modus Getar.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:59
Last Modified: 06 Sep 2021 01:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81038

Actions (login required)

View Item View Item