HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERSEPSI REMAJA TENTANG PERNIKAHAN USIA DINI DI SMA NEGERI 1 BINTAN UTARA TAHUN 2021

Wahyuni, Elka Putri (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERSEPSI REMAJA TENTANG PERNIKAHAN USIA DINI DI SMA NEGERI 1 BINTAN UTARA TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak1.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB1.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 5 Akhir1.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka1.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UNICEF 2018 terdapat sekitar 21 persen perempuan muda (20-24 tahun) melangsungkan perkawinan pada usia anak. Di Indonesia tahun 2018 prevalensi perkawinan anak sebesar 11,21%. Di Kabupaten Bintan penduduk berumur 15-19 tahun yang sudah pernah menikah tahun 2017-2019 meningkat menjadi 2,16 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan persepsi remaja tentang pernikahan usia dini. Jenis penelitian kuantitatif pendekatan cross sectional. Dilakukan di SMAN 1 Bintan Utara sampel berjumlah 89 responden, teknik pengambilan sampel secara systematic random sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data secara univariat, bivariat , dan multivariat. Menggunakan uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95%. Didapatkan 42,7% siswa memiliki persepsi negatif dan pengetahuan yang rendah 34,8% siswa. 67,7% siswa memiliki pengetahuan yang rendah dan persepsi negatif. Diketahui terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan persepsi remaja tentang pernikahan usia dini. Kondisi ekonomi merupakan confounding. Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan persepsi remaja tentang pernikahan usia dini. Kondisi ekonomi merupakan confounder antara pengetahuan dengan persepsi. Diharapkan kepada kepala sekolah untuk mengaktifkan PIK-KRR disekolah serta berkoordinasi dengan puskesmas untuk memberikan penyuluhan kesehatan tentang dampak pernikahan usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yessy Markolinda. S.Si., M.Repro
Uncontrolled Keywords: Pernikahan Dini, Persepsi Remaja, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:52
Last Modified: 20 Sep 2021 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80828

Actions (login required)

View Item View Item