Politeness of Speech Act of Request from Student to Lecturers via WhatsApp

Rivo, Yonas Alvestra (2021) Politeness of Speech Act of Request from Student to Lecturers via WhatsApp. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB akhir)
3.BAB 4.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
1.Cover dan Abstrak.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text (Skipsi full)
5. Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini dibahas strategi kesopanan yang digunakan oleh mahasiswa ketika melakukan permintaan kepada dosen melalui sosial media berbasis WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi kesopanan yang digunakan oleh mahasiswa dan faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi itu sendiri. Adapun teori strategi kesopanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson (1987). Data pada penelitian ini merupakan percakapan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan dosen secara tulisan melalui aplikasi WhatsApp. Dalam pengumpulan data, peneliti mengambil sampel secara acak sebanyak 20 mahasiswa untuk dianalisis. Lalu data dianalisis dengan merujuk pada teori yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson dengan menghubungkan konteks pada analisis data tersebut. Dari 20 data yang dianalis, ditemukan 16 tuturan mengandung strategi kesopanan negatif dan empat lainnya mengandung strategi kesopanan positif. Pada strategi kesopanan negatif, apologize dan give deference merupakan strategi yang paling dominan digunakan oleh mahasiswa tersebut. Hal ini berhubungan dengan konteks waktu percakapan dan pembicara ingin dianggap sebagai mahasiswa yang sopan karena telah memberikan penghormatan kepada dosen yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi. Empat percakapan yang menggunakan strategi kesopanan positif memiliki notice, attend to hearer sebagai kartegori yang digunakan mahasiswa dalam berkomunikasi kepada dosen. Hal ini karena pembicara tidak ingin melakukan FTA kepada pendengar. Selain itu, pembicara ingin mendapatkan respon yang baik dari pendengar karena telah bersikap sopan. Kata kunci: politeness, pragmatics, social media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 24 Aug 2021 06:33
Last Modified: 24 Aug 2021 06:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80570

Actions (login required)

View Item View Item