Rivo, Yonas Alvestra (2021) Politeness of Speech Act of Request from Student to Lecturers via WhatsApp. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (BAB akhir)
3.BAB 4.pdf - Published Version Download (393kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (545kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Cover dan abstrak)
1.Cover dan Abstrak.pdf Download (864kB) | Preview |
|
Text (Skipsi full)
5. Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam penelitian ini dibahas strategi kesopanan yang digunakan oleh mahasiswa ketika melakukan permintaan kepada dosen melalui sosial media berbasis WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi kesopanan yang digunakan oleh mahasiswa dan faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi itu sendiri. Adapun teori strategi kesopanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson (1987). Data pada penelitian ini merupakan percakapan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan dosen secara tulisan melalui aplikasi WhatsApp. Dalam pengumpulan data, peneliti mengambil sampel secara acak sebanyak 20 mahasiswa untuk dianalisis. Lalu data dianalisis dengan merujuk pada teori yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson dengan menghubungkan konteks pada analisis data tersebut. Dari 20 data yang dianalis, ditemukan 16 tuturan mengandung strategi kesopanan negatif dan empat lainnya mengandung strategi kesopanan positif. Pada strategi kesopanan negatif, apologize dan give deference merupakan strategi yang paling dominan digunakan oleh mahasiswa tersebut. Hal ini berhubungan dengan konteks waktu percakapan dan pembicara ingin dianggap sebagai mahasiswa yang sopan karena telah memberikan penghormatan kepada dosen yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi. Empat percakapan yang menggunakan strategi kesopanan positif memiliki notice, attend to hearer sebagai kartegori yang digunakan mahasiswa dalam berkomunikasi kepada dosen. Hal ini karena pembicara tidak ingin melakukan FTA kepada pendengar. Selain itu, pembicara ingin mendapatkan respon yang baik dari pendengar karena telah bersikap sopan. Kata kunci: politeness, pragmatics, social media
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | s1 sastra inggris |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 06:33 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 06:33 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80570 |
Actions (login required)
View Item |