STUDI TENTANG PENGARUH KENDARAAN SAAT MELAKUKAN U-TURN DI BUKAAN MEDIAN TERHADAP ARUS LALU LINTAS

Salma, Fairuzia Putri (2021) STUDI TENTANG PENGARUH KENDARAAN SAAT MELAKUKAN U-TURN DI BUKAAN MEDIAN TERHADAP ARUS LALU LINTAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (Penutup))
BAB AKHIR (Penutup).pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Untuk mengakomodir pergerakan lalu lintas, pada ruas jalan dimungkinkan memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan U-Turn atau manuver. Kendaraan yang melewati ruas jalan ini mengalami kecepatan relatif rendah sehingga memperburuk kondisi jalan, kendaraan akan melambat atau berhenti dan menimbulkan antrian kendaraan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa volume kendaraan yang banyak bermanuver di median pada jam sibuk dengan jam puncak pada pukul 06.30 - 07.30. Waktu menunggu lepas kendaraan pada jam sibuk dengan nilai 18,20 s lebih lama dibandingkan pada jam tidak sibuk yaitu 8,71 s. Dikarenakan pada jam sibuk terjadi kemacetan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk bermanuver lebih lama. Kecepatan rerata kendaraan sebelum bermanuver pada jam sibuk sebesar 17,57 km/jam dengan jam puncak pukul 07.45 – 08.00 memiliki nilai lebih rendah dibandingkan saat 250 m sebelum bermanuver pada jam sibuk sebesar 27,31 km/jam dengan jam puncak pukul 06.30 - 06.45. Sedangkan kecepatan rerata kendaraan sebelum bermanuver pada jam tidak sibuk sebesar 21,19 km/jam dengan jam puncak pukul 13.00 - 13.15 memiliki nilai lebih rendah dibandingkan saat 250 m sebelum bermanuver pada jam tidak sibuk 29,70 km/jam dengan jam puncak pukul 12.30 - 12.45. Panjang antrian kendaraan pada jam sibuk adalah 2 kendaraan dengan 9 kali kejadian kendaraan lain bermanuver. Sedangkan panjang antrian kendaraan pada jam tidak sibuk adalah 1 kendaraan dengan 7 kali kejadian kendaraan lain bermanuver. Data validasi menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kecepatan speed gun dengan kecepatan menggunakan stop program. Begitupun pada Uji t, adanya pengaruh signifikan pada kecepatan rerata kendaraan sebelum bermanuver maupun saat 250 m sebelum bermanuver pada jam sibuk dan jam tidak sibuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Bayu Martanto Adji, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Manuver, U-turn, kecepatan, waktu tempuh
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:39
Last Modified: 20 Aug 2021 04:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80284

Actions (login required)

View Item View Item