Perancangan Sistem Parkir Berbasis Radio Frequency Identification (RFID) dengan Rekomendasi Posisi Parkir Sesuai Ukuran Kendaraan

Bivo, Muhandeza (2021) Perancangan Sistem Parkir Berbasis Radio Frequency Identification (RFID) dengan Rekomendasi Posisi Parkir Sesuai Ukuran Kendaraan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jumlah kendaraan bermotor yang terus meningkat setiap tahun menyebabkan permasalahan seperti sulitnya mencari posisi parkir yang kosong dalam area perparkiran. Selain itu banyak kendaraan dengan ukuran yang beragam di dalam area parkir menyebabkan banyak ruang kosong yang terbuang di antara kendaraan, sehingga pemanfaatan lahan menjadi tidak efisien. Metode akses parkir yang banyak diaplikasikan saat ini adalah dengan menggunakan barcode. Kelemahannya kertas barcode dapat rusak sehingga data transaksi tidak dapat terbaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara mengoptimalkan tag RFID sebagai media akses masuk dan pembayaran biaya parkir. Mengelompokkan kendaraan berdasarkan ukurannya sehingga penggunaan lahan parkir lebih efisien, serta dapat memberikan rekomendasi posisi parkir yang tersedia kepada pengendara. Tag RFID akan berfungsi untuk akses masuk area parkir dan pembayaran biaya parkir secara otomatis. Pendeteksian ukuran kendaraan akan menggunakan sensor infrared berdasarkan jumlah sensor yang diaktifkan oleh kendaraan pada pintu masuk area parkir. Rekomendasi posisi parkir akan dilakukan berdasarkan ada atau tidaknya kendaraan yang terbaca oleh sensor infrared yang terletak di bagian depan masing-masing slot parkir. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan didapatkan bahwa sistem mampu menerima akses tag RFID dengan UID telah terdaftar dan menolak tag RFID yang tidak terdatar dengan akurasi 100%. Sistem mampu melakukan pengelompokkan ukuran kendaraan dengan variasi panjang yang berbeda dengan akurasi 100%. Dapat merekomendasikan slot parkir yang tersedia pada pengendara dengan akurasi 100%. Serta dapat melakukan pembayaran biaya parkir secara otomatis dengan akurasi 100%. Sehingga dapat disimpulkan sistem mampu mengoptimalkan tag RFID sebagai media akses dan pembayaran biaya parkir, mampu memanfaatkan lahan parkir dengan pengelompokkan kendaraan, dan dapat merekomendasikan posisi parkir yang kosong pada pengendara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Rahmadi Kurnia
Uncontrolled Keywords: RFID, Parkir, Kendaraan, Ukuran, Posisi.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 19 Aug 2021 02:41
Last Modified: 19 Aug 2021 02:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80259

Actions (login required)

View Item View Item