PENGEMBANGAN FITUR DAN IMPLEMENTASI ULANG SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KULINER KHAS MINANGKABAU BERBASIS WEB SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA HALAL DI KOTA PADANG, SUMATRA BARAT

Cahaya, Camila (2021) PENGEMBANGAN FITUR DAN IMPLEMENTASI ULANG SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KULINER KHAS MINANGKABAU BERBASIS WEB SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA HALAL DI KOTA PADANG, SUMATRA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
[CAHAYA CAMILA] Cover Abstrak Laporan Tugas Akhir .pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
[CAHAYA CAMILA] Laporan Tugas Akhir BAB 1.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
[CAHAYA CAMILA] Laporan Tugas Akhir BAB 6.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
[CAHAYA CAMILA] Laporan Tugas Akhir Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text (Laporan Tugas Akhir Full Text)
[CAHAYA CAMILA] Laporan Tugas Akhir (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)

Abstract

Provinsi Sumatra Barat merupakan provinsi di Indonesia yang meraih penghargaan World’s Best Halal Culinary Destination. Bahkan kuliner yang menjadi World’s Best Halal Culinary Destination 2016 adalah rendang yang merupakan kuliner khas Sumatra Barat. Meski memiliki prestasi, secara umum Indonesia dan khususnya Padang salah satu ibu kota provinsinya, masih rendah dalam “digital presence”, baik operasional maupun pemasaran wisatanya. Berkaitan dengan kekurangan yang ada, dibutuhkan sistem yang dapat mengintegrasi, mengolah, serta menyajikan data spasial (ruang) dan atribut (informasi) khususnya dibidang kuliner. Perlu adanya aplikasi berbasis web yaitu Sistem Informasi Geografis (SIG) Kuliner sebagai Pendukung Pariwisata Halal. Aplikasi ini telah berhasil dibangun oleh Chairunnisa dan dikembangkan oleh Wulandari, akan tetapi masih perlu adanya pengembangan aplikasi Sistem Informasi Geografis Kuliner Khas Minangkabau untuk mendukung pariwisata halal di Provinsi Sumatra Barat, dengan penambahan fitur aplikasi, perbaikan konsistensi aplikasi dan lainnya. Laporan tugas akhir ini berisi pengembangan aplikasi yang dilakukan dengan metode waterfall serta menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan Javascript. Basis data yang digunakan adalah RDBMS MySQL versi 8.0 yang telah dilengkapi dengan fungsi spasial. Pengujian SIG Kuliner dilakukan dengan data tempat kuliner Kota Padang menggunakan metode black box dan usability testing. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi SIG Kuliner yang dikembangkan telah berjalan sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Surya Afnarius, M.Sc., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Halal, Kota Padang, Kuliner, MySQL 8.0, Sistem Informasi Geografis
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 16 Aug 2021 08:33
Last Modified: 16 Aug 2021 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80192

Actions (login required)

View Item View Item