STABILISASI TANAH LEMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN CAMPURAN ASPAL ( BITUMEN ) TERHADAP NILAI CBR SUBGRADE JALAN

Rahmat, Hidayat (2014) STABILISASI TANAH LEMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN CAMPURAN ASPAL ( BITUMEN ) TERHADAP NILAI CBR SUBGRADE JALAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201405070834th_tugas akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Stabilisasi tanah adalah suatu cara yang digunakan untuk mengubah atau memperbaiki sifat tanah dasar sehingga diharapkan tanah dasar tersebut mutunya dapat lebih baik dan dapat meningkatkan kemampuan daya dukung tanah dasar terhadap konstruksi yang akan dibangun diatasnya. Penelitian bertujuan untuk menganalisa stabilisasi tanah lempung terhadap perubahan sifat fisik dan mekanik tanah akibat penambahan pada penelitian ini adalah kadar aspal yg digunakan 0%,3%,6%,9% ,12%, terhadap berat kering tanah. Berdasarkan hasil pengujian CBR, menunjukan bahwa penambahan bahan stabilisasi Aspal cair (SC), dapat meningkatkan nilai CBR tanah asli, hasil data berikut :nilai CBR tertinggi didapatkan pada penambahan bahan stabilisasi aspal pada 3% yaitu sebesar 11,13 % dalam keadaan unsoaked dan 6,12 dalam keadaan soaked. Penambahan persentase aspal dapat juga menekan nilai swelling tanah lempung, walaupun tidak sampai 0%, nilai swelling dari hasil penelitian ini dengan persentase aspal dari 0%, 3%, 6%, 9%, 12% berturut-turut sebagai berikut: ; 2,38%, 2,15%, 1,92%, 1,62%,1,38%. Dengan demikian aspal dapat digunakan sebagai bahan stabilisasi untuk campuran pada tanah dasar ( subgrade karena dapat meningkatkan nilai CBR dan menekan nilai pengembangan pada tanah lempung. Kata Kunci : Aspal, CBR, stabilisasi, tanah lempung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 29 May 2016 07:30
Last Modified: 29 May 2016 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7999

Actions (login required)

View Item View Item