Strategi Bertahan Hidup Pedagang di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Lima Pedagang di Kawasan Wisata Lembah Harau, Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota)

cesramadhani, - (2021) Strategi Bertahan Hidup Pedagang di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Lima Pedagang di Kawasan Wisata Lembah Harau, Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
Skrpsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Munculnya pandemi covid-19 pada tahun 2020, mempengaruhi sendi kehidupan masyarakat terutama aktivitas ekonomi masyarakat. Kondisi tersebut mempengaruhi kepada tingkat pendapatan masyarakat, terutama para pedagang yang menyebabkan mereka harus bekerja keras untuk meningkatkan ekonomi mereka dan mereka bisa tetap eksis dan bertahan pada tingkat ekonomi mereka. Hal ini terlihat pada pedagang yang ada disalah satu kawasan wisata yang terkenal di Sumatera Barat yaitu kawasan wisata Lembah Harau. Permasalahan dari penelitian tersebut adalah bagaimana pengaruh covid-19 terhadap pedagang di kawasan wisata Lembah Harau dan bagaimana strategi bertahan hidup pedagang di kawasan wisata di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh covid-19 terhadap pedagang di kawasan wisata Lembah Harau dan mendeskripsikan strategi bertahan hidup pedagang di kawasan wisata di tengah pandemi covid-19, tepatnya Jorong Lubuak Limpato. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dan menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Pemilihan informan dengan cara purposive sampling, yaitu para pedagang yang ada di kawasan wisata Lembah Harau yang terdampak oleh covid dan melakukan strategi untuk bertahan hidup di tengah pandemi covid-19. Hasil penelitian ini menggambarkan bagaimana proses para pedagang terkena dampak covid-19, dalam deskripsi ini dijelaskan bagaimana proses pedagang yang terkena covid-19 dan bagaimana pengaruh covid-19 tersebut terhadap para pedagang. Deskripsi mengenai pengaruh covid-19 terhadap pedagang digambarkan melalui identitas dari pedagang, latar belakang berjualan di kawasan wisata, proses berjualan setiap hari, pendapatan yang diperoleh, dan dampak yang terjadi akibat covid, serta strategi yang mereka lakukan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bertahan hidup yang dilakukan oleh pedagang yang ada di kawasan wisata Lembah Harau yaitu, mencari mata pencaharian lain, pindah berjualan di dekat rumah, menjual dagangan secara online dan menjual di pasar, dan terakhir berhutang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yevita Nurti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pedagang, wisata, strategi, bertahan, hidup, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:59
Last Modified: 12 Aug 2021 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79892

Actions (login required)

View Item View Item