PERBANDINGAN MEKANISME PENGGUNAAN HAK ANGKET OLEH DEWAN PERWAKILAN RAKYAT SEBELUM DAN SESUDAH PERUBAHAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG PERNAH BERLAKU DI INDONESIA

Fauzia, Dwinanda (2021) PERBANDINGAN MEKANISME PENGGUNAAN HAK ANGKET OLEH DEWAN PERWAKILAN RAKYAT SEBELUM DAN SESUDAH PERUBAHAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG PERNAH BERLAKU DI INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Skrpsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mekanisme penggunaan hak angket oleh Dewan Perwakilan Rakyat telah banyak mengalami perubahan dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, mulai dari sebelum adanya perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Konstitusi Republik Indonesia Serikat Tahun 1949, Undang-Undang Dasar Sementara 1950, dan terakhir kembali ke Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. UUD 1945 sebelum perubahan belum mengatur mengenai hak angket secara terperinci, akan tetapi sudah ada ditemukan permasalahan-permasalahan hak angket sebelum perubahan UUD 1945 yang dalam penyelesaiannya berpatokan kepada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1954 tentang Penetapan Hak Angket. Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah pertama, bagaimana mekanisme penggunaan hak angket oleh Dewan Perwakilan Rakyat sebelum dan sesudah perubahan UUD 1945? dan yang kedua, bagaimana kekurangan dan kelebihan dari mekanisme penggunaan hak angket sebelum dan dan sesudah perubahan UUD 1945? Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif, data yang digunakan adalah data sekunder, serta metode pengumpulan data berupa studi dokumen (kepustakaan). Hasil penelitian pada skripsi ini dapat disimpulkan bahwa yang pertama, mekanisme penggunaan hak angket sebelum perubahan UUD 1945 yang berpatokan pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1954 memiliki beberapa perbedaan mendasar dengan mekanisme penggunaan hak angket sesudah perubahan UUD 1945 dalam ketentuan yang ada di dalam Undang-Undang MD3. Kedua, dengan adanya perubahan UUD 1945 maka pengaturan mengenai mekanisme hak angket semakin jelas karena sudah diatur di di dalam Undang-Undang tersendiri yaitu Undang-Undang MD3, dengan adanya perubahan tersebut maka tampak kekurangan dan kelebihan dari mekanisme penggunaan hak angket sebelum dan sesudah perubahan UUD 1945.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dian Bakti Setiawan, SH.,MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 16 Aug 2021 06:38
Last Modified: 16 Aug 2021 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79873

Actions (login required)

View Item View Item