PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN PROBIO-7 TERHADAP AKTIVITAS ENZIM SELULASE, SERAT KASAR DAN KECERNAA SERAT KASAR DARI KULIT BUAH NENAS

Mughni Yanti, Ridwan (2021) PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN PROBIO-7 TERHADAP AKTIVITAS ENZIM SELULASE, SERAT KASAR DAN KECERNAA SERAT KASAR DARI KULIT BUAH NENAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi Full Teks.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kulit buah nenas merupakan salah satu bahan pakan alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk unggas. Kulit buah nenas mempunyai kandungan nutrisi protein dan energi namun mengandung serat kasar tinggi, sehingga dilakukan fermentasi dengan Probio-7 untuk meningkatkan kandungan nutrisi kulit buah nenas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan lama fermentasi optimum dengan Probio-7 terhadap aktivitas enzim selulase, serat kasar dan kecernaan serat kasar dari kulit buah nenas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah lama fermentasi dengan Probio-7 yaitu P1= 0 hari, P2= 2 hari, P3= 4 hari, P4= 6 hari dan P5= 8 hari. Peubah yang diamati yaitu aktivitas enzim selulase (U/ml), serat kasar (%BK) dan kecernaan serat kasar (%BK). Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap aktivitas enzim selulase, serat kasar dan kecernaan serat kasar. Hasil uji DMRT menunjukkan bahwa aktivitas enzim selulase dan kecernaan serat kasar pada perlakuan P5 (lama fermentasi 8 hari) nyata (P<0,05) lebih tinggi tetapi kandungan serat kasar nyata (P<0,05) lebih rendah dari perlakuan lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kulit buah nenas yang difermentasi dengan Probio-7 selama 8 hari merupakan perlakuan terbaik dan diperoleh aktivitas enzim selulase 1,78 U/ml, serat kasar 11,61(%BK) dan kecernaan serat kasar 56,76(%BK).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prf. Dr. Ir. Nuraini, MS
Uncontrolled Keywords: kulit buah nenas, Probio-7, aktivitas enzim selulase, serat kasar dan kecernaan serat kasar
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:32
Last Modified: 12 Aug 2021 03:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79826

Actions (login required)

View Item View Item