Nola, Suryani Putri (2021) PENGARUH PENAMBAHAN ELISITOR CoCl2 TERHADAP AKUMULASI SENYAWA PIPERINE PADA KALUS SIRIH HUTAN (Piper aduncum L). Masters thesis, Universitras Andalas.
|
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan (1).pdf - Published Version Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (Penutup)
Penutup (1).pdf - Published Version Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (1).pdf - Published Version Download (429kB) | Preview |
|
Text (Tesis Full Text)
Tugas Akhir Lengkap (2).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kasus resistensi zat anti-malaria dari zat klorokuin dan artemisin meningkatkan upaya untuk menemukan senyawa baru untuk mengatasi malaria. P. aduncum L merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terbukti mampu menghasilkan senyawa metabolit sekunder piperine yang berpotensi sebagai sumber anti-malaria. Pada penelitian ini diuji pengaruh pemberian elisitor CoCl2 terhadap akumulasi senyawa piperine pada kalus tanaman P.aduncum. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan konsentrasi elisitor CoCl2 terdiri dari 0 mg/L, 0,25 mg/L, 0,50 mg/L, 1 mg/L dan 2,5 mg/L. Perlakuan konsentrasi elisitor CoCl2 sebesar 2,5 mg/L pada kalus P. aduncum menunjukkan peningkatan kandungan piperine 6,4 kali lipat dibandingkan dengan kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Zozy Aneloi Noli |
Uncontrolled Keywords: | CoCl2, elisitasi, malaria, piperine, resistensi |
Subjects: | Q Science > QK Botany R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | S2 Biologi biologi |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:34 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79780 |
Actions (login required)
View Item |