PENGARUH PENGGUNAAN WARMING BLANKET TERHADAP SUHU TUBUH PASIEN PASCA OPERASI DI RUANG POST ANASTESI CARE UNIT (PACU) RSUP DR.M.DJAMIL PADANG

Nora, Elfa (2021) PENGARUH PENGGUNAAN WARMING BLANKET TERHADAP SUHU TUBUH PASIEN PASCA OPERASI DI RUANG POST ANASTESI CARE UNIT (PACU) RSUP DR.M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
1. Cover & Abstrak.docx.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan)(1).pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (penutup))
3. BAB akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Utuh)
ELFA NORA _ SKRIPSI UTUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Hipotermi sering terjadi diruang pulih sadar/PACU dikarenakan suhu kamar operasi yang rendah,luka terbuka,cairan infus yang dingin,gas inhalasi dan lamanya durasi operasi/anestesi. Jika tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan aliran darah keseluruh tubuh termasuk otak akan terhambat sehingga aktifitas seseorang akan melemah. Salah satu intervensi untuk menangani masalah hipotermi adalah dengan pemberian selimut yang diberi aliran udara hangat yang menggunakan arus listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan warming blanket terhadap suhu tubuh pasien pasca operasi Penelitian ini dilakukan diruang PACU pada 25 Desember 2020 sampai 10 Januari 2021. Penelitian ini merupakanQuasi experiment dengan one group pretest- post test pada 15 responden dengan teknik purposive sampling. Suhu tubuh pasien diukur sebelum intervensi, apabila suhu tubuh dibawah rentang normal (<36,50C) maka pasien akan diberi warming blanket selama 60 menit. Setelah diberikan intervensi maka suhu tubuh diukur kembali menggunakan temometer digital . Hasil uji statistik Wilcoxon didapatkan nilaip value sebesar 0,000 (< 0,05), maka secara statistik terdapat perbedaan suhu bermakna antara sebelum dan sesudah penggunaan warming blanket, terdapat pengaruh warming blanket terhadap suhu tubuh pasien pasca operasi. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi rumah sakit untuk menambah warming blanket diruang PACU sebagai upaya peningkatan keselamatan pasien dalam menangani masalah hipotermi pasca operasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.dr.Susmiati,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Pasca operasi, Hipotermia, warming Blanket
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:45
Last Modified: 10 Aug 2021 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79779

Actions (login required)

View Item View Item