krisna, monica (2021) STUDI JARAK PANDANG HENTI KENDARAAN DALAM PLATOON. Diploma thesis, universitas andalas.
|
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1 pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (bab 5 penutup)
bab akhir.pdf - Published Version Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
tugas akhir fuul.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Platoon biasanya terjadi pada saat lampu hijau menyala dan pada suatu ruas jalan yang volumenya padat dengan geometrik jalan yang datar dan lurus. Pada platoon tidak ada batasan jarak tertentu sebagai patokan tentang penyebaran kendaraan. Yang perlu diperhatikan dalam platoon adalah jarak aman antar kendaraan untuk mengurangi kecepatan dan ruang yang cukup untuk mengerem dengan aman atau menghindari rintangan yang ada di depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jarak pandang henti berdasarkan kecepatan kendaraan dan untuk mengetahui spacing aman maximum dan minimum kendaraan dalam platoon. Data diambil pada ruas jalan raya Lubuk Alung – Simp. Duku, Sumatera Barat. Survey dilakukan selama satu hari yaitu pada hari selasa, dengan mengambil data waktu tempuh kendaraan pada jalan sepanjang 50 meter. Pengolahan data yang telah didapat dilakukan dengan Stop Program untuk mendapatkan waktu tempuh kendaraan dan Microsoft Excel untuk mendapatkan data kecepatan, spacing dan jarak pandang henti kendaraan. Dari penelitian ini didapatkan data disimpulkan Berdasarkan pengujian t-test terhadap kecepatan dan spacing menunjukkan disimpulkan bahwa Tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecepatan dengan spacing .Berdasarkan pengujian regresi terhadap kecepatan dan jarak pandang henti kendaraan disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara kecepatan dengan jarak pandang henti kendaraan.Jadi semakin Besar kecepatan kendaraan maka semakin besar juga jarak pandang henti kendaraan tersebut.Dan semakin kecil kecepatan kendaraan tersebut semakin kecil juga jarak pandang henti kendaraan.Semakin tinggi spacing antar kendaraan semakin aman spacing antar kendaraan.Dan semakin rendah spacing antar kendaraan maka semakin meningkat peluang tabrakan terjadi. Berdasarkan pengujian t-test terhadap kecepatan dan spacing menunjukkan disimpulkan bahwa Tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecepatan dengan spacing .Berdasarkan pengujian regresi terhadap kecepatan dan jarak pandang henti kendaraan disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara kecepatan dengan jarak pandang henti kendaraan.Jadi semakin Besar kecepatan kendaraan maka semakin besar juga jarak pandang henti kendaraan tersebut.Dan semakin kecil kecepatan kendaraan tersebut semakin kecil juga jarak pandang henti kendaraan. Kata kunci : Platoon , Kecepatan, Spacing dan jarak pandang henti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | BAYU MARTANTO ADJI, Ph. D |
Uncontrolled Keywords: | Platoon , Kecepatan, Spacing, Jarak pandang henti |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:46 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79766 |
Actions (login required)
View Item |