Safitri, Nila (2021) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Nila.pdf - Published Version Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I. Nila.pdf - Published Version Download (314kB) | Preview |
|
|
Text (BAB AKHIR)
BAB VII.pdf - Published Version Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA NILA.pdf - Published Version Download (283kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI NILA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tingkat kepuasan pasien di rumah sakit masih rendah. Penyebab rendahnya kepuasan pasi`en berhubungan dengan komunikasi yang diberikan oleh perawat. Komunikasi terapeutik tersebut akan membantu pasien dalam mengurangi keluhannya tetapi saat ini komunikasi terapeutik perawat saat ini dinilai masih kurang dalam melakukan asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 136 responden. Hasil penelitian diketahui hampir seluruh responden (91,2%) mendapatkan komunikasi terapeutik perawat yang baik dan 86% responden puas selama menjalani perawatan. Tingginya komunikasi terapeutik perawat yang baik tetapi untuk komponen pasien centered mempunyai nilai rerata terendah 4,32(SD 0,76) dan kepuasan pasien dengan nilai rerata terendah adalah daya tanggap 2,25 (SD 0,19). Analisa data bivariat menggunakan uji chi-square, didapatkan nilai p value 0,02 <0,05 yang artinya terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Saran peneliti adalah perawat untuk memperhatikan nada dan volume yang sesuai dengan situasi, selama berkomunikasi dapat memberikan umpan balik, dan perawat memberikan bantuan kepada pasien tanpa mereka harus mengeluh terlebih dahulu. Kata Kunci : komunikasi terapeutik, kepuasan pasien, perawat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr.Rika Sabri,S.Kp,M.Kes,Sp.Kep.Kom |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 07:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 07:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79686 |
Actions (login required)
View Item |