HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Safitri, Nila (2021) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Nila.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I. Nila.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA NILA.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI NILA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tingkat kepuasan pasien di rumah sakit masih rendah. Penyebab rendahnya kepuasan pasi`en berhubungan dengan komunikasi yang diberikan oleh perawat. Komunikasi terapeutik tersebut akan membantu pasien dalam mengurangi keluhannya tetapi saat ini komunikasi terapeutik perawat saat ini dinilai masih kurang dalam melakukan asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 136 responden. Hasil penelitian diketahui hampir seluruh responden (91,2%) mendapatkan komunikasi terapeutik perawat yang baik dan 86% responden puas selama menjalani perawatan. Tingginya komunikasi terapeutik perawat yang baik tetapi untuk komponen pasien centered mempunyai nilai rerata terendah 4,32(SD 0,76) dan kepuasan pasien dengan nilai rerata terendah adalah daya tanggap 2,25 (SD 0,19). Analisa data bivariat menggunakan uji chi-square, didapatkan nilai p value 0,02 <0,05 yang artinya terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Saran peneliti adalah perawat untuk memperhatikan nada dan volume yang sesuai dengan situasi, selama berkomunikasi dapat memberikan umpan balik, dan perawat memberikan bantuan kepada pasien tanpa mereka harus mengeluh terlebih dahulu. Kata Kunci : komunikasi terapeutik, kepuasan pasien, perawat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Rika Sabri,S.Kp,M.Kes,Sp.Kep.Kom
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:11
Last Modified: 09 Aug 2021 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79686

Actions (login required)

View Item View Item