ANALISIS PENGARUH PENYEBARAN INFORMASI TERKAIT COVID-19 DI MEDIA BERITA TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM DI PASAR MODAL INDONESIA (Studi Empiris Terhadap Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia)

Irwan, Azhar (2021) ANALISIS PENGARUH PENYEBARAN INFORMASI TERKAIT COVID-19 DI MEDIA BERITA TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM DI PASAR MODAL INDONESIA (Studi Empiris Terhadap Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutupan)
3. BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Datar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh berita tentang Covid-19 dari berbagai media masa terhadap volatilitas harga saham di pasar modal Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 45 perusahaan. Dari jumlah populasi tersebut, dengan periode pengamatan dari Maret 2020 sampai dengan Maret 2021 penulis memutuskan hanya 40 perusahaan yang menjadi sampel untuk penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam riset ini adalah regresi linear berganda termasuk uji asumsi klasik, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Secara parsial, variabel Panic Index, Media Hype Index, dan Media Coverage Index menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap volatilitas harga saham yang terdaftar pada Indeks LQ45. Berbeda dengan Fake News Index secara parsial tidak berpengaruh terhadap variable dependen yang diuji. Dengan pengujian secara parsial yang lebih spesifik terhadap masing-masing emiten yang diteliti, ditemukan bahwa Panic Index memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volatilitas harga saham hanya kepada 19 emiten, dari 40 emiten yang ada di Indeks LQ45. Sedangkan Media Hype Index memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volatilitas harga saham dari 17 emiten, dari 40 emiten yang ada di Indeks LQ45. Namun untuk Fake News Index memiliki pengaruh terhadap volatilitas harga saham pada 2 emiten saja di Indeks LQ45. Dan untuk Media Coverage Index memiliki pengaruh hanya terhadap 31 emiten di Indeks LQ45. Kata Kunci: Volatilitas Harga Saham, Covid-19, Media Masa, Ravenpack Coronavirus Index

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 09 Aug 2021 04:47
Last Modified: 09 Aug 2021 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79639

Actions (login required)

View Item View Item