PENGARUH SKARIFIKASI FISIK TERHADAP PERKECAMBAHAN BENIH DAN PERTUMBUHAN AWAL LAMTORO CV TARRAMBA (Leucaena leucocephala cv Tarramba)

Adi, Saputra (2021) PENGARUH SKARIFIKASI FISIK TERHADAP PERKECAMBAHAN BENIH DAN PERTUMBUHAN AWAL LAMTORO CV TARRAMBA (Leucaena leucocephala cv Tarramba). Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-pdf.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1-pdf.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB 5-pdf.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-pdf.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.-pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan skarifikasi fisik benih lamtoro cv tarramba yang paling tepat untuk perkecambahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari P0: benih tanpa perlakuan (kontrol), P1: benih dengan perendaman aquades selama 24 jam, P2: benih dengan perendaman air kelapa muda selama 24 jam dan P3: benih dengan perendaman air panas (60°C) selama 10 menit. Peubah yang diamati adalah potensi tumbuh maksimum, daya kecambah, indeks vigor, tinggi kecambah, dan jumlah daun kecambah. Data dianalisis menggunakan sidik ragam (ANOVA). Hasil analisis ragam menunjukan bahwa perlakuan skarifikasi fisik memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0.05)terhadap peubah potensi tumbuh maksimum (48,00-58,00%), daya berkecambah (43,00-53,00%), indeks vigor (33,33-47,33%), tinggi kecambah (4,44- 5,25) dan jumlah daun kecambah (26,98-31,56 helai) yang dihitung pada 15 hari setelah semai (HSS). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa skarifikasi fisik dengan perendaman aquades, air kelapa muda dan air panas terhadap benih lamtoro cv tarramba memberikan hasil viabilitas benih, tinggi kecambah dan jumah daun yang sama dengan benih yang tidak mendapatkan perlakuan skarifikasi. Kata Kunci : Lamtoro cv Tarramba, Perkecambahan, Potensi tumbuh maksimum, Skarifikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Riesi Sriagtula, S.Pt, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:41
Last Modified: 30 Aug 2021 07:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79546

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item