INTERPRETASI MAHASISWA PADA BRAND SMARTPHONE SAMSUNG, APPLE, DAN BLACKBERRY (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa FISIP Unand)

Ryan, Andri Hidayat (2014) INTERPRETASI MAHASISWA PADA BRAND SMARTPHONE SAMSUNG, APPLE, DAN BLACKBERRY (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa FISIP Unand). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201405061007th_ryanandrihidayat 0910861005 fisip.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang interpretasi mahasiswa pada brand smartphone Samsung, Apple, dan Blackberry (studi deskriptif pada mahasiswa Fisip, Universitas Andalas). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana interpretasi mahasiswa pada brand smartphone Samsung, Apple, dan Blackberry tersebut. Bagaimana brand image dan brand awareness dari masing-masing informan. Kemudian peneliti juga menjelaskan bagaimana atribusi dari masingmasing informan dalam memilih smartphone yang mereka gunakan. Peneliti menggunakan teori atribusi dari Fritz Heider. Dalam teori ini terdapat dua macam atribusi yaitu atribusi internal dan atribusi eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara dimana peneliti mewawancarai mahasiswa Fisip yang sesuai dengan kriteria penelitian. Peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap informan memiliki interpretasi mereka masing-masing. Hal ini terlihat dari brand image informan pada smartphone Samsung, Apple, dan Blackberry. Dari sisi brand awareness, semua informan berada pada tingkat yang sama yaitu top of mind dimana mereka tahu dan kenal dengan merek dan produk yang dihasilkan oleh Samsung, Apple, dan Blackberry. Berdasarkan teori atribusi, informan terbagi dalam dua atribusi yaitu internal, dimana keputusan mereka didasari oleh keinginan dari dalam diri dan eksternal dimana keputusan mereka didasari oleh keadaan lingkungan. Kata kunci : interpretasi, brand image, brand awareness,atribusi, smartphone

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 28 May 2016 08:19
Last Modified: 28 May 2016 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7954

Actions (login required)

View Item View Item