PENGARUH CAMPURAN KULIT UMBI DAN DAUN UBI KAYU YANG DIFERMENTASI DENGAN Rhizopus oligusporus TERHADAP SERAT KASAR, DAYA CERNA SERAT KASAR DAN ENERGI METABOLISME

Maiza, Maiza (2021) PENGARUH CAMPURAN KULIT UMBI DAN DAUN UBI KAYU YANG DIFERMENTASI DENGAN Rhizopus oligusporus TERHADAP SERAT KASAR, DAYA CERNA SERAT KASAR DAN ENERGI METABOLISME. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v Penutup)
BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DARTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran kulit umbi (KU) dan daun ubi kayu (DUK) disingkat dengan KUDUK yang difermentasi dengan Rhizopus oligusporus terhadap penurunan kandungan serat kasar, daya cerna serat kasar, dan energi metabolisme. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan. Perlakuan adalah perbandingan campuran KUDUK sebagai substrat, perlakuan sebagai berikut : P1 9:1, P2 8:2, P3 7:3, P4 6:4. Parameter yang diamati yaitu penurunan serat kasar (%), daya cerna serat kasar (%), dan energi metabolisme (kkal/kg). Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa pengaruh campuran KUDUK yang difermentasi dengan Rhizopus oligosporus berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap penurunan kandungan serat kasar, daya cerna serat kasar dan energi metabolisme. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkaan bahwa perlakuan campuran KUDUK yang difermentasi dengan R. oligosporus dengan perbandingan 6:4 memberikan hasil terbaik. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh penurunan kandungan serat kasar 45,20 %, daya cerna serat kasar 62,99% dan energi metabolisme 2671,44 kkal/kg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Mirnawati, MS
Uncontrolled Keywords: Kulit umbi daun ubi kayu fermentasi, Rhizopus oligosporus, SK, daya cerna serat kasar, ME.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:24
Last Modified: 06 Aug 2021 02:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79369

Actions (login required)

View Item View Item